Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Mendesain Ruang Kerja Kecil yang Harus Dihindari

Kompas.com - 30/04/2023, 12:33 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang kerja di rumah merupakan ruangan yang penting sehingga perlu dirancang dengan matang. Membuat ruang kerja di rumah terkadang menghadirkan tantangan tersendiri, terutama jika Anda bekerja di ruang yang kecil.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti mengatur tempat penyimpanan, memilih furnitur yang tepat, hingga mengatur pencahayaan. 

Baca juga: 6 Ide Menciptakan Ruang Kerja di Rumah Kecil

Menghindari kesalahan-kesalahan dalam mendesain ruang kerja kecil berikut ini dapat membantu Anda membuat ruang kerja yang nyaman dan fungsional.

Ilustrasi ruang kerja di rumah.Shutterstock/New Africa Ilustrasi ruang kerja di rumah.

Dilansir Homes and Gardens, Minggu (30/4/2023), berikut ini 7 kesalahan mendesain ruang kerja kecil yang harus dihindari.

1. Furnitur yang tidak nyaman

Ruang kerja di rumah merupakan tempat di mana Anda akan banyak menghabiskan waktu sehari-hari. Memprioritaskan furnitur yang nyaman dan ergonomis merupakan hal yang penting.

Pilih meja dengan ukuran yang tepat dan berinvestasilah pada kursi kantor yang nyaman dan berkualitas.

Baca juga: 3 Tips Memilih Furnitur untuk Rumah Kecil agar Terlihat Lebih Luas

Memilih furnitur yang terlalu besar akan membuat ruangan terasa sempit, sedangkan desain yang terlalu kecil tidak akan memberi Anda kenyamanan atau ruang yang Anda butuhkan saat duduk dan bekerja dalam jangka waktu yang lama.

Furnitur multifungsi juga merupakan pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan di ruang kecil, misalnya meja ruang kerja di kamar tidur yang juga berfungsi sebagai meja rias.

2. Mengabaikan pentingnya pencahayaan yang baik

Pencahayaan merupakan salah satu aspek terpenting untuk ruangan, dan untuk ruang kerja yang kecil, memiliki pencahayaan yang tepat merupakan kunci untuk menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan nyaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com