Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Mendesain Ruang Kerja yang Harus Dihindari

Kompas.com - 23/04/2023, 12:15 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang kerja di rumah merupakan ruangan yang perlu dirancang baik sehingga dapat bekerja dengan nyaman dan produktif.

Ada berbagai ide ruang kerja di rumah yang dapat menginspirasi Anda. Namun, penting mengetahui kesalahan yang harus dihindari dalam mendesain ruang kerja agar tidak menghabiskan lebih banyak waktu dan biaya daripada seharusnya. 

Dilansir dari Ideal Home, Minggu, (23/4/2023) berikut beberapa kesalahan mendesain ruang kerja yang sebaiknya dihindari.

Baca juga: 9 Tips Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah, Bikin Produktif

Tidak mengisolasi ruang kerja

Ilustrasi ruang kerja di rumah.Shutterstock/New Africa Ilustrasi ruang kerja di rumah.
Rachel Fell dari Habitat menyarankan menggunakan pembatas ruangan untuk memisahkan area khusus untuk bekerja. Menurutnya, mengisolasi ruang kerja dengan cara ini akan memunculkan efek pengasingan yang mendorong fokus dan konsentrasi.

"Batas-batas fisik yang jelas ini juga membantu memisahkan ruang kerja dan ruang keluarga secara mental, yang berarti lebih mudah meninggalkan pekerjaan di penghujung hari," katanya.

Baca juga: 6 Benda yang Harus Disingkirkan dari Ruang Kerja

Salah dalam mengatur tingkat cahaya alami

Pertimbangkan cahaya alami. Ruang kerja yang bisa mengontrol cahaya merupakan salah satu hal penting untuk memaksimalkan produktivitas. Karena itu, penting memilih penutup jendela yang tepat.

Menggunakan shutter merupakan salah satu pilihan. Chrissie Harper mengatakan, salah satu manfaat paling fungsional shutter adalah menghalangi sinar matahari yang menyilaukan dan mengganggu.

"Selain manfaat dari kontrol cahaya, shutter juga merupakan solusi ideal untuk privasi dan isolasi ruangan yang mengutamakan kenyamanan," katanya.

Roller blind juga dapat bekerja baik untuk mengontrol tingkat cahaya dan mengatasi silau.

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Cahaya Alami agar Rumah Lebih Cerah

Tidak ada nuansa luar ruangan

Bawalah nuansa luar ruangan ke dalam ruang kerja dengan bunga segar dalam vas yang diletakkan di meja. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

Anda juga dapat menempelkan gambar atau poster bertema tumbuhan untuk menghadirkan suasana alam bebas. Pilihlah karya seni yang menampilkan flora dan fauna.

Memilih kursi yang salah

Ilustrasi ruang kerja di rumah. Shutterstock/SeventyFour Ilustrasi ruang kerja di rumah.
Memilih kursi yang salah merupakan salah satu kesalahan desain ruang kerja rumah yang umum terjadi.

Lucinda Newbound dari Back in Action mengatakan, ketika memilih kursi meja yang sempurna, pikirkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk duduk dan bagaimana lebih suka duduk. 

Ia menyarankan bertanya pada diri sendiri apakah Anda lebih suka kursi putar, memiliki lengan dan sandaran kepala untuk memilih model yang tepat. Anda akan menghabiskan banyak waktu dengan duduk di atas kursi kerja.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kursi Kerja

Mengabaikan kebutuhan penyimpanan

Saat merencanakan ruang kerja di rumah, jangan lupa menyertakan ruang penyimpanan. Jika pekerjaan Anda melibatkan banyak barang, dapat menambahkan lemari khusus dengan troli yang bisa ditarik ke sisi meja kerja saat dibutuhkan dan menyimpannya kembali di penghujung hari.

Anda juga dapat menggunakan wadah, seperti kotak, penyimpanan dokumen, dan stoples untuk membuat ruang kerja lebih rapi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com