Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2023, 18:39 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur yang terorganisir baik merupakan dapur yang tidak hanya rapi, tapi juga efisien.

Dengan barang-barang yang berada di tempat semestinya, Anda dapat menghemat waktu baik saat menyiapkan makanan atau mencuci piring.

Baca juga: 5 Cara Menata Dapur Kecil agar Tetap Rapi dan Efisien

Kesalahan dalam menata dapur dapat membuat persiapan makanan kurang efisen. Untuk menghindari kesalahan yang sama, berikut merupakan kesalahan umum yang dilakukan orang dalam menata dapur dilansir dari The Kitchn, Minggu (12/3/2023).

Membeli organizer tanpa merapikan terlebih dulu

Ilustrasi pencahayaan di dapur.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi pencahayaan di dapur.
Desainer hunian Jamie Gold mengatakan jangan membeli organizer dapur sebelum merapikan dapur, kulkas, lemari, dan ruang lainnya.

"Tidak masuk akal untuk merencanakan penyimpanan untuk barang-barang yang tidak lagi digunakan. Singkirkan terlebih dahulu barang-barang dapur yang sudah kedaluwarsa, rusak, atau tidak diperlukan." 

Baca juga: 5 Tips Merapikan Dapur, Memasak Jadi Lebih Nyaman

Menyimpan barang yang tidak seharusnya di dapur

Gold menyarankan tidak menyimpan alat-alat yang jarang digunakan di dapur, misalnya tusuk sate untuk BBQ yang hanya sesekali digunakan. Menurutnya, barang-barang yang jarang digunakan lebih baik disimpan di tempat lain.

Mendekorasi sebelum menata

Saat pindah ke ruang baru, Anda ingin ruang tersebut terlihat bagus. Namun, memulai dengan dekorasi sebelum menatanya bisa menjadi bumerang.

Memprioritaskan estetika akan membuat Anda lebih sulit menggunakan ruangan karena menggunakan area utama untuk memajang daripada penggunaan sehari-hari.

Baca juga: 7 Cara Menata Dapur Kecil dengan Sempurna Menurut Profesional

Menggunakan wadah penyimpanan makanan yang memakan  banyak tempat

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna abu-abu, pencahayaan di dapur. SHUTTERSTOCK/SERGHEI STARUS Ilustrasi dapur dengan nuansa warna abu-abu, pencahayaan di dapur.
Menaruh makanan pada wadah penyimpanan makanan akan mengurangi kesan berantakan, tapi wadah tersebut mungkin tidak akan membantu Anda dalam menghemat tempat.

"Biasanya, orang menggunakan tempat penyimpanan makanan yang menghabiskan lebih banyak ruang daripada yang mereka simpan," kata Stasia Steele, professional organizer dan pendiri The Little Details.

Daripada memilih wadah hanya karena terlihat rapi, pikirkan apakah wadah tersebut benar-benar berfungsi baik di dapur.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau pada Wadah Plastik dengan Bahan Alami

Tidak menyesuaikan rak

Jika memungkinkan, sesuaikan rak penyimpanan di dapur. Tidak menyesuaikan rak dapat menyebabkan barang-barang tidak ditempatkan secara ideal, misalnya, botol kaca tinggi yang diletakkan miring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com