BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Jangan Asal Pakai, Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan pada Kulkas Baru

Kompas.com - 28/02/2023, 20:39 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketika membeli kulkas baru, tak sedikit orang langsung mengoperasikannya begitu sampai di rumah. Apalagi, jika kulkas yang lama benar-benar sudah tidak berfungsi.

Hal itu sebenarnya wajar mengingat kehadiran kulkas begitu esensial dalam rumah tangga. Pasalnya, benda tersebut dapat membantu mendinginkan makanan dan minuman agar menjadi lebih awet.

Namun, tahukah Anda jika terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan kulkas baru?

Dilansir dari laman 101Appliance, cara tersebut penting diaplikasikan pada awal penggunaan agar daya tahan benda elektronik tersebut jadi lebih lama.

Berikut 5 hal yang perlu dilakukan pada kulkas baru sebelum digunakan.

1. Segera lepas kemasan

Melepas semua kemasan pada kulkas baru dengan segera adalah langkah awal yang penting dilakukan untuk mencegah kerusakan.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (13/6/2022), plastik dan styrofoam yang terlalu lama dibiarkan menempel pada kulkas dapat menyebabkan kerusakan pada bagian ventilasinya. Untuk itu, pastikan kemasan pada kulkas yang baru Anda beli telah terlepas sempurna sebelum dioperasikan.

2. Letakkan pada tempat yang tepat

Sebelum kulkas baru tiba di rumah, penting bagi Anda untuk menentukan tempat yang tepat untuk meletakkannya.

Idealnya, kulkas diletakkan cukup jauh dari jangkauan sinar matahari langsung. Ini bertujuan agar sistem pendinginnya tidak terganggu.

Tak hanya itu, berikan juga jarak antara kulkas dan dinding di sekitarnya, yakni sekitar lima sentimeter (cm) pada bagian belakang dan samping kulkas serta 10 cm pada bagian atas. Hal ini dilakukan untuk memperlancar sirkulasi udara melalui ventilasi.

3. Diamkan selama beberapa jam

Setelah kulkas baru sampai di rumah, Anda tak boleh langsung menyalakan benda tersebut selama beberapa jam. Hal ini perlu dilakukan agar pelumas dan gas yang ada dapat menyebar dengan baik.

Adapun waktu yang dibutuhkan tergantung dari cara Anda saat mengangkat benda tersebut ke rumah.

Jika kulkas dipindahkan dengan cara dimiringkan, Anda mungkin membutuhkan waktu sekitar empat jam untuk menghidupkannya. Ini lantaran aliran gas pada kulkas yang berada dalam posisi miring tidak mengendap. Kondisi ini dapat memengaruhi kecepatan pendinginan.

Namun, waktu tersebut tidaklah baku. Kecepatan pendinginan lemari es karena turut dipengaruhi oleh desain dan kualitas yang dimilikinya. Beberapa merek kulkas biasanya memerlukan waktu lebih lama, yakni hingga 24 jam.

4. Bersihkan semua bagian

Selama kulkas baru didiamkan, Anda bisa membersihkan semua bagian lemari pendingin itu agar menjadi lebih bersih.

Anda wajib membersihkan kulkas baru sebelum digunakan. Apalagi, alat ini akan digunakan untuk menyimpan banyak makanan.

Anda bisa membersihkan kulkas baru dengan air hangat dan cairan pembersih.

Jangan lupa lepaskan setiap rak dan baki untuk dibersihkan secara terpisah sebelum dipasangkan kembali pada tempat semula.

5. Hidupkan selama dua jam dalam keadaan kosong

Sesudah melakukan sejumlah tahap sebelumnya, barulah Anda dapat mulai menyalakan kulkas baru yang dimiliki.

Meski begitu, Anda dianjurkan untuk tidak memasukkan makanan jenis apa pun ke dalamnya selama kurang lebih dua jam.

Hal tersebut diperlukan untuk membantu lemari es dalam mencapai suhu optimal. Dengan begitu, makanan yang didinginkan tetap terjaga kualitasnya.

Itu tadi lima hal penting yang perlu dilakukan pada kulkas baru agar lebih awet. Jika sudah melakukan semua upaya tersebut, Anda boleh langsung memasukkan makanan ke dalam kulkas.

Selain hal di atas, pastikan juga kulkas baru yang dibeli mempunyai kualitas wahid dan dilengkapi dengan teknologi terkini agar pendinginan makanan bisa lebih maksimal.

Saat ini, banyak kulkas dengan teknologi terbaru dan terbaik tersedia di pasaran. Salah satunya, Polytron Belleza Jumbo.

Kulkas dua pintu Polytron Belleza Jumbo tersebut tersebut hadir dengan kapasitas dan rak penyimpanan seluas 58 cm. Berkat itu, Anda akan semakin mudah dalam menyimpan bahan makanan sekaligus.

Polytron Belleza Jumbo.Dok. Polytron Polytron Belleza Jumbo.

Untuk desain, pintu kaca kulkas tersebut telah dilengkapi dengan borderless curved edge yang terbuat dari tempered glass door. Alhasil, kulkas dua pintu Polytron Belleza Jumbo ini jadi tahan dari benturan keras dan antikarat.

Selain hadir dengan desain menarik, kulkas Polytron Belleza Jumbo juga dilengkapi dengan teknologi deodorizer, yang membuat kulkas Polytron Belleza Jumbo tersebut bebas dari bau tidak sedap.

Terkait kualitas dan daya tahan, Anda tak perlu khawatir. Sebab, selain dilengkapi dengan teknologi berkualitas terbaik, Polytron juga memberikan garansi selama 10 tahun untuk setiap pembelian Belleza Jumbo.

Bagi Anda yang minat terhadap produk Kulkas Polytron Belleza Jumbo, silakan kunjungi situs resmi Polytron atau official store Polytron yang ada pada platform e-commerce.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com