Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Jamur Muncul di Rumah dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 22/02/2023, 12:54 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur dapat muncul di berbagai tempat, termasuk di dalam rumah. Jamur tumbuh subur di lingkungan lembap dan gelap dengan adanya bahan organik, seperti kayu, untuk dimakan. 

Ada beberapa area di rumah yang rentan mengalami pertumbuhan jamur, termasuk kamar mandi, dapur, ruang bawah tanah, loteng, pintu, dan jendela.

Baca juga: 3 Tanaman Hias Ini Bisa Cegah Pertumbuhan Jamur di Kamar Mandi

Kemunculan jamur di rumah tentu tak hanya membuat rumah kotor, tapi juga mengganggu serta berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih mereka yang memiliki alergi, sinus, serta masalah pernapasan lainnya.

Karena itu, perlu segera mengambil langkah membasmi jamur di rumah dan melakukan pencegahan agar jamur tidak menyebar. 

Namun, masalah ini tidak semudah itu ditangani. Anda harus mengidentifikasi apa yang menjadi penyebab jamur muncul di rumah terlebih dulu agar dapat mengambil langkah-langkah mengatasi serta mencegahnya.

Nah, dilansir dari The Spruce, Rabu (22/2/2023), berikut sejumlah penyebab jamur muncul di rumah dan cara menghilangkannya.  

Baca juga: 8 Tips Merawat Rumah Saat Musim Hujan agar Bebas Jamur dan Kerusakan

Ventilasi tidak memadai

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela. Shutterstock/Antoha713 Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi jendela.
Jamur biasanya tumbuh di area rumah yang rentan terhadap kelembapan tinggi, seperti kamar mandi atau dapur, tidak memiliki ventilasi yang baik.

Ventilasi yang buruk membuat kelembapan berlebih terperangkap di satu ruangan dan mengendap di plafon, dinding, lantai, peralatan, meja, wastafel, dan permukaan lainnya.

Kelembapan di udara bahkan dapat merembes melalui celah sempit, lalu terakumulasi di ruang gelap dan lembap, menciptakan lingkungan yang ideal bagi jamur untuk tumbuh serta menyebar.

Menyalakan kipas angin, membuka pintu, atau membuka jendela adalah cara-cara sederhana meningkatkan ventilasi di dalam rumah sekaligus membasmi jamur. 

Jika baru selesai mandi, nyalakan kipas angin dan buka pintunya agar kelembapan segera hilang. Demikian pula, saat mencuci piring atau merebus air, nyalakan kipas angin di atas kompor atau buka jendela untuk meningkatkan aliran udara ke seluruh ruangan.

Untuk area yang mungkin sulit berventilasi, seperti ruang bawah tanah, pertimbangkan  berinvestasi pada dehumidifier guna membantu mengeluarkan kelembapan dari udara dan menghilangkan jamur. 

Baca juga: Jangan Langsung Dicat, Ini Cara Mengatasi Jamur di Dinding

Kelembapan yang terus-menerus

Ilustrasi jamur di rumah. Shutterstock/Yavdat Ilustrasi jamur di rumah.
Selanjutnya, penyebab jamur muncul di rumah adalah kelembapan yang terus-menerus terjadi. Jamur dan lumut membutuhkan area lembap untuk tumbuh serta berkembang.

Ketika rumah mengalami tingkat kelembapan tinggi dan terus-menerus, kelembapan di udara dapat merembes ke dinding, lantai, plafon, dan perabotan sehingga menciptakan area utama bagi jamur untuk berkembang.

Kelembapan terus-menerus dapat disebabkan ventilasi yang buruk di area rumah yang sering lembap seperti dapur atau kamar mandi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com