Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Mandi

Kompas.com - 02/02/2023, 19:37 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah pusat dari rutinitas pagi yang sibuk, rutinitas malam, dan kebutuhan dasar sepanjang hari.

Dengan semua aktivitas ini, tak heran kamar mandi rentang mengalami kekacauan. Beberapa penyebab paling umum kekacauan di kamar mandi berasal dari obat-obatan dan produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa, tapi masih disimpan. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Kamar Mandi Terlihat Mahal dengan Biaya Minim

Dengan menyingkirkan barang-barang yang sudah kedaluwarsa atau tidak lagi diperlukan, membantu mendapatkan kamar mandi yang lebih bersih dan terorganisir. 

Manfaat lain, memiliki lebih banyak ruang untuk mengatur barang-barang yang dibutuhkan dan digunakan dalam rutinitas sehari-hari.

Periksa lemari, meja, laci, dan rak untuk melihat serta memilih barang-barang. Apabila suda kedaluwarsa, segera membuangnya. 

Nah, berikut sejumlah barang yang harus disingkirkan dari kamar mandi dikutip dari Better Homes and Gardens, Kamis (2/2/2023). 

Baca juga: 7 Tren Desain Kamar Mandi yang Disukai Desainer Interior pada 2023

Perlengkapan mandi kedaluwarsa

Ilustrasi kamar mandi minimalis.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi minimalis.
Sebagian besar perlengkapan mandi, seperti larutan obat kumur dan sabun, memiliki tanggal kedaluwarsa. Setelah melewati masa pakainya, produk-produk ini dapat rusak dan kehilangan efektivitasnya, bahkan membuat Anda sakit.

Untuk itu, periksa tanggal pada wadah kemasan dan membuangnya bila sudah kedaluwarasa. Jika tidak dapat menemukan tanggal kedaluwarsa, buang produk apa pun yang sudah lebih dari satu tahun.

Produk kecantikan yang sudah kedaluwarsa

Semua produk kecantikan yang ada di gudang tidak dirancang untuk bertahan selamanya. Jika sudah dibuka, produk kosmetik seperti eyeshadow, alas bedak, lipstik, dan maskara mulai menurun kualitasnya dari waktu ke waktu serta dapat menyimpan banyak bakteri.

Untuk menentukan umur simpan, periksa label untuk ikon botol kecil dengan angka di sebelah huruf M seperti 6M atau 12M.

Ini menunjukkan jumlah bulan produk akan bertahan setelah dibuka. Anda juga harus memperhatikan perubahan warna, konsistensi, atau bau. Ini adalah tanda-tanda bahwa produk kosmetik atau kecantikan sudah tidak layak digunakan. 

Baca juga: 5 Tren Ubin Kamar Mandi yang Bakal Populer pada 2023

Obat-obatan lama

Ilustrasi obatShutterstock/Yana Vasileva Ilustrasi obat
Selanjutnya, barang yang harus disingkirkan dari kamar mandi adalalh obat-obatan. Barang ini terkadan disimpan di lemarikamar mandi, tapi kebanyakan obat sudah kedaluwarasa.

Segera membersihkan lemari obat dari obat-obatan atau vitamin yang tidak lagi diperlukan. Obat-obatan yang sudah kedaluwarsa tidak aman digunakan.

Sebagian besar oba memiliki tanggal "paling baik sebelum" atau "digunakan sebelum" yang tercetak pada labelnya. Ikuti petunjuk label untuk membuang obat dengan aman atau lihat panduan Badan Pengawas Obat dan Makanan. 

Baca juga: 8 Ide Menata dan Mengatur Kamar Mandi agar Lebih Bergaya

Produk sampel

Jujurlah, Apakah Anda benar-benar menggunakan semua sampel produk gratis dan perlengkapan mandi mini yang didapat dari hotel?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com