Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kompor Induksi Tiba-tiba Mati Saat Digunakan Memasak?

Kompas.com - 30/01/2023, 09:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasak dengan kompor induksi adalah proses yang sederhana dan efisien. Itulah sebabnya penggunaan kompor induksi semakin populer di kalangan rumah tangga.

Akan tetapi, ketika ada yang tidak beres dengan kompor induksi, maka aktivitas memasak bisa terganggu. Salah satu masalah pada kompor induksi adalah tiba-tiba mati saat digunakan memasak.

Dikutip dari Essential Home and Garden, Senin (30/1/2023), jika kompor induksi tiba-tiba mati di tengah proses memasak, permasalahannya mungkin karena pengatur waktu otomatis, posisi pan yang salah, atau sensor suhu.

Baca juga: Kenapa Kompor Induksi Tidak Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi kompor induksi, memasak di kompor induksi. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi kompor induksi, memasak di kompor induksi.

Berikut beberapa penyebab kompor induksi tiba-tiba mati saat digunakan memasak dan solusinya.

1. Timer otomatis diaktifkan

Banyak kompor induksi memiliki fitur mode pengatur waktu alias timer yang memungkinkan Anda menyetel berapa lama kompor menyala sebelum mati secara otomatis. Ini adalah fitur yang memudahkan memasak dengan tepat, tetapi tidak terlalu bagus jika tidak sengaja digunakan.

Jika pengatur waktu atau timer otomatis aktif, tampilan kontrol kompor akan menampilkan hitungan mundur numerik.

Jika kompor induksi hanya memiliki satu tampilan, pengatur waktu ini dapat bergantian dengan tampilan suhu yang disetel, membuatnya kurang jelas bahwa pengatur waktu diaktifkan.

Baca juga: Plus Minus Kompor Gas, Induksi, dan Listrik, Mana Terbaik untuk Dapur?

Temukan tombol dengan gambar jam dan tekan untuk menampilkan tampilan pengatur waktu. Jika aktif, Anda akan melihat sejumlah waktu tersisa.

Tahan tombol atau tekan lagi untuk menghapus penghitung waktu ini dan menonaktifkan mati otomatis. Langkah-langkah yang tepat mungkin berbeda untuk model kompor induksi, jadi periksalah manual jika Anda kesulitan mematikan mode ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com