Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2023, 16:53 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Susu merupakan sumber kalsium, potasium, dan vitamin D yang baik untuk menunjang kesehatan. 

Lantaran kebaikan itu, tak jarang beberapa pemilik hewan peliharaan, seperti anjing, memberikan susu pada sahabat bulu.  

Baca juga: Catat, Ini 7 Tanaman Hias Beracun untuk Anjing Peliharaan

Namun, bolehkan anjing minum susu

Jamie Whittenburg, dokter hewan di Senior Tail Waggers and Director of Kingsgate Animal Hospital in Lubbock, Texas, Amerika Serikat, mengatakan susu tidak baik untuk anjing.

"Susu adalah salah satu dari dua alergen makanan teratas untuk anjing sehingga banyak anjing yang tidak dapat mentoleransinya," katanya dilansir dari Daily Paws, Kamis (19/1/2023).  

Memberikan anjing susu dapat menyebabkan alergi yang meliputi rasa gatal, menjilat kaki, kulit merah dan teriritasi, rambut rontok, muntah, juga diare. 

Baca juga: 3 Jenis Anjing Rottweiler: Sejarah, Karakteristik Tubuh, dan Sifatnya

Ilustrasi anjing Akita inu.Shutterstock/Ann Tyurina Ilustrasi anjing Akita inu.
Whittenburg menambahkan susu tinggi lemak dan kalori, tetapi tidak mengenyangkan sehingga bukan pilihan bagus untuk anjing dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan berlebihan jika dimasukkan ke dalam diet mereka.

Namun, bagaimana dengan anjing yang masih kecil? Bolehkah anak anjing minum susu? 

Whittenburg mengatakan tidak dianjurkan memberikan susu kambing pada anjing karena bukan susu yang lengkap atau seimbang.

Sebagai solusi, gunakan susu formula anak anjing yang baru lahir jika perlu memberikan susu. Sedangkan untuk anjing dewasa, susu sapi tidak mengenyangkan dan bisa membuat sakit perut.  

Baca juga: Begini Cara Anjing Berkomunikasi Satu Sama Lain

Bisakah anjing minum susu nabati?

Susu nabati dibuat tanpa produk susu. Lantas, apakah susu nabati lebih aman untuk anjing? I

Whittenburg.mengatakan susu nabati tidak lebih baik untuk anjing. Sama dengan susu sapi, susu nabati tidak beracun bagi anjing, tetapi menimbulkan masalah yang sama. 

Itulah sebabnya Whittenburg tidak merekomendasikan pemberian susu apa pun kepada anjing. "Susu nabati sering menjadi alergen bagi banyak anjing, bahkan pada anjing yang tidak alergi, dapat menyebabkan gangguan perut dan gastrointestinal," imbuhnya. 

Baca juga: Studi Ungkap Anjing Dapat Memprediksi Gempa Bumi, Ini Caranya 

Whittenburg menambahkan, susu nabati, seperti halnya susu sapi, tidak membuat anjing merasa kenyang, tetapi tinggi lemak dan kalori yang menyebabkan kenaikan berat badan. 

Kekhawatiran lain, kata Whittenburg, susu nabati yang dimaniskan mungkin mengandung pemanis buatan yang dapat beracun bagi anjing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com