Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2023, 08:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hamster adalah salah satu hewan peliharaan populer dan sering kali menjadi hewan peliharaan pertama bagi anak-anak. Namun, apakah siklus tidur hamster memengaruhi pemiliknya?

Selain itu, bagaimana Anda tahu jika siklus tidur hamster itu normal? Dikutip dari The Spruce Pets, Minggu (8/1/2023), berikut penjelasan mengenai siklus tidur hamster yang perlu diketahui.

Berapa lama hamster tidur?

Hamster biasanya tidur sekitar 12 sampai 14 jam sehari. Akan tetapi, hamster tidur beberapa kali sehari sehingga 12 sampai 14 jam ini akan dipecah menjadi periode-periode yang lebih sebentar sepanjang hari.

Baca juga: Cara Memilih Hamster yang Sehat untuk Dipelihara

Ilustrasi hamster tidur. SHUTTERSTOCK/ALEX MILAN Ilustrasi hamster tidur.

Siklus tidur hamster

Hamster, terutama hamster Syrian atau golden, telah menjadi subyek dari banyak studi tidur ritme sirkadian, sehingga siklus tidur hamster diteliti dengan baik.

Manusia menghabiskan hingga 25 persen waktunya untuk tidur dalam fase tidur rapid eye movement (REM). Adapun penelitian menunjukkan bahwa hamster juga memasuki fase tidur ini dalam waktu yang kurang lebih sama.

Fase REM sering dikenal sebagai bagian tidur di mana seseorang bermimpi, tetapi terlepas dari penelitian yang telah dilakukan, tidak diketahui apakah hamster bermimpi seperti orang bermimpi atau tidak.

Namun, Anda mungkin melihat hamster sedikit menggerakkan kaki atau matanya yang menurut banyak orang mungkin merupakan tanda dari semacam mimpi atau aktivitas otak lainnya. Jangan khawatir jika melihat gerakan ini saat hamster tidur.

Baca juga: Catat, Ini 5 Makanan Terbaik untuk Hamster Peliharaan

Hal penting lainnya yang perlu diketahui tentang siklus tidur hamster adalah bahwa mereka aktif di kandang. Ini berarti mereka aktif di malam hari dan tidur di siang hari.

Bagaimana jika hamster tidur lebih lama dari biasanya?

Jika hamster tidur lebih lama dari biasanya, ia mungkin sedang hibernasi atau sakit. Hibernasi dapat terjadi jika hamster ditempatkan di lingkungan yang dingin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com