Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2022, 16:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Genteng adalah salah satu bagian terpenting dari rumah. Genteng berfungsi melindungi rumah dan orang-orang di dalamnya dari semua jenis cuaca seperti hujan, panas terik, dan angin kencang.

Namun, jika area atap tidak dibangun dan dirawat dengan baik, hal itu dapat menyebabkan air merembes ke dalam rumah. 

Baca juga: 4 Warna Terbaik untuk Genteng Rumah, Apa Saja?

Akibatnya, merusak integritas struktural rumah dan memungkinkan pertumbuhan jamur, yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan bagi pemilik rumahnya.

Selain itu, atap merupakan tempat kabel dan ventilasi penting melewati jalurnya untuk sampai ke bagian rumah lainnya.

Atap yang dibangun dengan baik dapat membantu menghemat energi tanpa membiarkan udara hangat atau dingin keluar melalui celah-celah. 

Untuk menghindari kerusakan atap, penting memilih genteng dengan material yang kokoh. Jenis atap rumah yang dipilih bergantung pada anggaran, ukuran rumah, dan lingkungan yang ditinggali.

Dilansir dari House Digest, Rabu (16/11/2022), berikut jenis genteng yang menjadi pilihan banyak orang. 

Baca juga: Kolaborasi Hadirkan Genteng dan Atap Baja untuk Rumah Minimalis 

Genteng logam 

Ilustrasi atap rumah berbahan logam.Shutterstock/eleonimages Ilustrasi atap rumah berbahan logam.
Dalam survei House Digest tentang jenis atap terbaik terhadap 606 orang yang berpartisipasi, sebanyak 162 atau 26,73 persen suara memilih genteng logam atau metal.

Genteng ini terbuat dari berbagai logam seperti aluminium, tembaga, baja, timah, dan logam bergelombang. Ini juga bervariasi dalam harga dan tata letak.

Meski pemasangannya bisa lebih mahal daripada bahan lain, genteng logam mempunyai umur pemakaian yang lebih lama. Sebagian besar genteng logam dapat bertahan dari 50-80 tahun dan membutuhkan perawatan tahunan minimal. 

Menurut Metal Roofing Alliance, meski mahal, genteng logam dapat meningkatkan nilai rumah sebesar 6 persen dan membantu memulihkan biaya hingga 95 persen.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Cat Genteng

Genteng batu tulis

Jenis atap kedua yang paling disukai adalah genteng batu tulis. Material ini memperoleh 143 suara atau 23,60 persen dari partisipan yang disurvei.

North Country Slate mengatakan genteng batu tulis adalah produk alami yang terbuat dari batuan metamorf dan sering ditemukan di tambang, menurut 

Genteng ini telah digunakan sebagai bahan atap untuk waktu lama dan dikenal sebagai produk yang sangat tahan lama, tahan air, dan tahan api.

Genteng batu tulis juga bisa sangat mahal dan jauh lebih berat dari jenis bahan lainnya, tetapi dapat bertahan hingga 100 tahun, tergantung kualitas batunya. 

Baca juga: Ingin Memasang Genteng Beton? Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com