Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2022, 17:28 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Utopia

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika merebus kentang, kebanyakan orang langsung membuang air rebusan tersebut lantaran tidak membutuhkannya atau tidak mengetahui kegunaannya. 

Padahal, air rebusan kentang memiliki banyak kegunaan dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan di rumah. Lantas, apa saja manfaat air rebusan kentang?

Dilansir dari Utopia, Senin (14/11/2022), berikut sejumlah manfaat air rebusan kentang untuk rumah. 

Baca juga: Catat, Ini Manfaat Menyiram Tanaman Pakai Air Rebusan Pasta

Menyiram tanaman

Ilustrasi menyiram tanaman. SHUTTERSTOCK/MAXIMUS ART Ilustrasi menyiram tanaman.

Air rebusan kentang mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor. Senyawa ini tidak hanya bermanfaat bagi tubuh manusia, tapi juga tanaman. Bahkan, ini bisa menjadi pupuk alami yang ideal lantaran mendukung pertumbuhan dan pembentukan bunga.

Namun, sebelum menggunakannya, biarkan air rebusan kentang hingga mendingin, lalu tuangkan ke alat penyiram tanaman dan siram tanaman.

Air rebusan kentang dapat memberi tanaman nutrisi penting, bahkan membantu menyingkirkan kutu daun. Namun, bila ingin menggunakan air rebusan kentang sebagai pupuk, jangan tambahkan garam ketika sedang merebus kentang karena sebagian besar tanaman sensitif akan garam di tanah.

Baca juga: Jangan Dibuang, Air Rebusan Daging Sapi Bisa Bermanfaat untuk Tanaman

Membasmi gulma

Salah satu hal terburuk dari merawat tanaman adalah membasmi gulma. Untuk lebih mudah membasmi gulma, gunakan air rebusan kentang yang masih panas.

Tuangkan pembasmi gulma rumahan ini secara langsung ke area yang tidak diinginkan. Panas dari air dapat melawan bagian ilalang yang terlihat.

Sementara itu, bagian patinya akan menyumbat pori-pori tanaman serta menyebabkan gulma mati. Kamu hanya perlu membasmi akarnya dari tanah. 

Baca juga: Mudah, Cara Menghilangkan Karat pada Peralatan Masak Pakai Kentang

Membersihkan rumah

Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.Shutterstock/ben bryant Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.

Alih-alih langsung membuang air rebusan kentang, gunakan sebagai cairan pembersih untuk membantu menghilangkan noda dan kotoran pada wajan serta permukaan plastik apa pun. 

Caranya, cukup melembapkan spons atau kain lap dengan air rebusan kentang, lalu seka semua permukaan benda yang ingin dibersihkan.

Namun, bilas kembali benda-benda tersebut agar tidak ada sisa pati kentang yang tertinggal. Air rebusan kentang yang masih panas pun bisa digunakan untuk mengatasi saluran air yang mampet.

Baca juga: 3 Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Tanaman

Menambah rasa pada makanan

Terakhir, manfaat air rebusan kentang adalah menambahkan rasa makanan. Anda bisa menuangkannya langsung ke dalam sup atau saus agar masakan lebih beraroma.

Jika ingin mencoba sesuatu berbeda saat memanggang roti, ganti bahan cair dengan air rebusan kentang yang berpati untuk memberi rasa kentang yang lezat pada roti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com