Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Menghilangkan Karat pada Peralatan Masak Pakai Kentang

Kompas.com - 17/01/2022, 09:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki peralatan masak atau peralatan dapur berbahan besi atau logam seperti loyang atau wajan besi cor, kemungkinan besar akan muncul karat seiring penggunaan dan berjalannya waktu. Noda karat ini tentu akan mengganggu kegiatan memasak.

Namun demikian, tidak perlu menggunakan produk penghilang karat untuk menghilangkan karat pada peralatan masak ini. Anda cukup menggunakan kentang sedikit soda kue.

Dilansir dari Express UK, Senin (17/1/2022), berikut cara menghilangkan karat pada peralatan masak menggunakan kentang.

Baca juga: Tips Menghilangkan Karat Pada Panggangan

Ilustrasi loyang kue. Noda karat pada loyang kue dapat dibersihkan dengan kentang. PIXABAY/AMNA SAYEED Ilustrasi loyang kue. Noda karat pada loyang kue dapat dibersihkan dengan kentang.

Alasan mengapa kentang sangat efektif menghilangkan karat adalah karena mengandung zat yang disebut asam oksalat. Asam oksalat membantu memecah karat.

Inilah cara menggunakan kentang biasa untuk membuat barang dapur Anda terlihat seperti baru lagi.

Cara menghilangkan karat pada loyang kue pakai kentang

Cuci loyang terlebih dahulu untuk mengangkat minyak atau kotoran di permukaan. Selanjutnya, potong kentang menjadi dua dan celupkan ujungnya ke dalam cairan pembersih atau soda kue.

Gunakan ujung kentang ini untuk mulai menggosok area berkarat pada loyang pemanggang. Saat kentang Anda mulai aus, potong sedikit untuk kembali menggunakannya untuk menghilangkan karat.

Baca juga: Trik Membersihkan Noda Karat pada Wastafel Porselen Pakai Pasta Gigi

Setelah itu, ulangi langkah mencelupkan kentang ke dalam cairan pembersih atau soda kue, dan lakukan penggosokan. Setelah Anda menghilangkan karat, cukup keringkan loyang kue seperti biasa.

Cara menghilangkan karat pada wajan besi cor

Jika terdapat karat pada wajan besi cor, Anda harus lebih berhati-hati dalam membersihkannya, karena produk pembersih dapat merusak permukaannya.

Halaman:
Sumber Express
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com