Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Langkah BTN Dorong Penguatan Ekosistem Pembiayaan Rumah

Kompas.com - 23/10/2022, 20:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selama tiga tahun ini telah melakukan transformasi terhadap perusahaan-perusahaan plat merah. Dengan demikian, dari aspek kinerja keuangan maupun produktivitas kerja meningkat.

Keberhasilan Kementerian BUMN dalam melakukan transformasi perusahaan pelat merah juga berdampak positif pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Dari sisi kinerja, pelayanan dan sumber daya manusia (SDM), BTN terus menunjukkan peningkatan dalam tiga tahun belakangan.

Berbagai kerja sama telah dilakukan BTN dengan BUMN lainnya seperti pembangunan rumah milenial dengan konsep hunian Transit Oriented Development (TOD) yang bersinergi dengan Perumnas, BUMN Karya serta PT KAI. Dengan transformasi dan sinergi yang dilakukan, BTN berhasil meningkatkan kinerjanya.

Baca juga: Diminati, Penjualan TOD di IPEX 2022 Tembus Rp 117 Miliar

Ilustrasi menjual rumah, ilustrasi membeli rumah. FREEPIK.COM/JCOMP Ilustrasi menjual rumah, ilustrasi membeli rumah.

Laba bersih BTN terus mengalami kenaikan secara signifikan dari Rp 209 miliar pada 2019, melonjak menjadi Rp 1,6 triliun pada 2020, kemudian pada tahun 2021 naik lagi menjadi Rp 2,37 triliun.

Sementara dari sisi aset jika pada 2019 baru sekitar Rp 311 triliun, pada tahun 2020 naik menjadi Rp 361 triliun dan pada 2021 melonjak menjadi Rp 371 triliun. Hingga akhir September 2022 aset BTN naik lagi menjadi Rp 381 triliun.

Transformasi yang dilakukan BTN mendapatkan pengakuan dari lembaga internasional. Euromoney pada pertengahan Juli 2022 lalu menetapkan BTN sebagai Best Asia’s Transformation Bank Tahun 2022 dalam ajang Euromoney Awards of Excellence 2022.

Euromoney menilai BTN telah menjalani transformasinya dengan baik dan fokus pada perluasan bisnis berbasis ekosistem perumahan. Beberapa langkah transformasi yang dijalani BTN telah menunjukkan hasil, di antaranya produk Tabungan BTN Investa dan Tabungan BTN Bisnis yang baru diluncurkan dapat membantu mengurangi biaya dana mahal.

Baca juga: Pertumbuhan Kredit Perumahan di Pekanbaru Diyakini Masih Positif

Euromoney menambahkan, kemitraan strategis terus dibangun BTN dengan berbagai lembaga/instansi atau perusahaan lain dalam rantai bisnis real estat dan untuk menjangkau segmen millenial.

Selain hal tersebut, proses digitalisasi berkembang pesat, dengan akuisisi seluler naik 55 persen (yoy) pada 2021, dan volume transaksi 73 persen (yoy).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com