Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Anjing dan Pemiliknya Memiliki Kepribadian yang Sama?

Kompas.com - 18/10/2022, 22:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap anjing memiliki kepribadian berbeda-beda. Tak jarang, hal ini membuat beberapa orang bingung memilih ras anjing terbaik untuk diperlihara.

Namun, salah satu tips memilih anjing peliharaan yang tepat adalah mencari ras anjing yang memiliki kepribadian sama dengan Anda. 

Baca juga: Hindari, 8 Perilaku Ini Ternyata Membahayakan Anjing Peliharaan

Hal ini mungkin cukup membuat ragu beberapa orang karena ada kemungkinan anjing yang dipilih tidak memiliki sifat yang benar-benar mirip dengan pemiliknya, terutama karena keduanya adalah makhluk berbeda.

Anjing dan manusianya memiliki sifat sama

Ilustrasi anjing jenis Jack Russell Terrier.SHUTTERSTOCK Ilustrasi anjing jenis Jack Russell Terrier.

Disadur dari Martha Stewart, Selasa (18/10/2022), sebuah penelitian dari The Kennel Club memberi peringkat pada lebih dari 1.500 manusia yang pernah dan sedang memelihara anjing.

Setelah menilai 16 ras anjing populer dan dikaitkan dengan lima tipe kepribadian utama, para peneliti menemukan bahwa karakter pemilik anjing peliharaan sering cocok dengan ras anjing yang dipilih.

Baca juga: Anjing Vs Kucing, Mana yang Terbaik untuk Dipelihara?

Saat menganalisa data yang didapat, The Kennel Club mendapat kesimpulan bahwa orang-orang pengambil risiko kemungkinan besar memiliki anjing Whippet.

Sementara itu, mereka yang memiliki pandangan positif terhadap kehidupan cenderung memiliki Golden retriever dan orang-orang yang terorganisir memiliki Miniature schnauzer.

Setelah itu, mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert memelihara anjing Pomeranian dan orang-orang yang penuh kasih dan ramah memiliki Staffordshire bull terrier atau Jack russel terrier. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Lhasa Apso, Ras Purba dan Dianggap Suci

Melakukan riset kecocokan

Ilustrasi anjing Golden retriever.Shutterstock/Lunja Ilustrasi anjing Golden retriever.

Kebanyakan orang yang disurvei telah melakukan beberapa riset kecocokan sebelum memilih calon anjing peliharaan.

Sebanyak 88 persen dari peserta mengatakan hal ini terbayarkan. Mereka merasa bahwa sahabat bulunya sangat cocok dengan kepribadian dan gaya hidup mereka.

Baca juga: Anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever, Apa Bedanya?

“Setiap ras anjing memiliki karakteristik, sifat, dan kebutuhan perawatan berbeda-beda. Ini membantu calon pemilik untuk lebih memahami apakah anjing tersebut cocok untuk mereka,” kata juru bicara The Kennel Club, Bill Lambert.

Ia menambahkan manusia sering kali dapat mengetahui banyak tentang seseorang dari ras anjing yang dipelihara.

“Sangat mengejutkan melihat berapa banyak orang yang secara tidak sadar memilih ras anjing dengan kepribadian yang sesuai dengan karakter mereka sendiri,” imbuh Lambert.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com