Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2022, 19:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna di dalam ruangan tak hanya mempercantik ruangan, tapi juga meningkatkan atau mengubah perasaan atau mood seseorang dan membuat suasana lebih mengundang. 

Sebaliknya, pemilihan warna yang salah dapat menurunkan semangat seseorang. Pemilihan warna ini tak hanya untuk ruang keluarga, ruang tamu, dan kamar tidur, tapi juga dapur

Baca juga: 5 Cara Membuat Dapur Kontemporer Lebih Bergaya

Memilih warna untuk dapur tak boleh dilakukan secara asal. Pemilihan warna yang salah dapat membuat dapur tidak menarik, tidak nyaman saat memasak, serta tidak mengundang. 

Untuk menghindari kesalahan tersebut, dilansir dari The Express.co.uk, Selasa (13/9/2022), para ahli di Andrew Picone Painting & Paperhanging membagikan beberapa warna yang harus dihindari di dapur seperti berikut ini.  

Baca juga: 4 Cara Menyelaraskan Tampilan Backsplash dan Meja Dapur

Warna kulit telur

Ilustrasi dapur minimalis.Shutterstock/ImageFlow Ilustrasi dapur minimalis.
Warna pertama yang harus dihindari di dapur adalah warna krem kulit telur. Ini cukup mengejutkan karena nada netral sering disebut sebagai pilihan warna teraman untuk ruangan mana pun di rumah.

Namun, para ahli memperingatkan bahwa warna itu bisa membuat dapur terlihat membosankan dan tidak bernyawa.

Para ahli mengatakan kulit telur adalah warna yang dapat diandalkan untuk dapur di seluruh negeri pada masa lalu, bahkan menjadi favorit industri real estate selama bertahun-tahun. 

Banyak agen real estate menyarankan pemilik rumah menggunakan warna netral ini di seluruh rumah jika ingin menjual rumah mereka dengan cepat dan menarik lebih banyak pembeli. 

Hal ini karena kulit telur dianggap sebagai warna cat yang sangat aman. Namun, seiring berjalannya waktu, warna kulit telur telah menjadi warna yang ketinggalan zaman serta mengingatkan pada masa lampau.

Saat ini, kulit telur membuat dapur terlihat hambar dan kuno serta dianggap sebagai warna yang kurang memiliki kepribadian dan harus dihindari dengan cara apa pun di dapur saat ini. 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Dapur

Nuansa abu-abu gelap

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hitam.PEXELS/LEVEL 23 MEDIA Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hitam.
Abu-abu sering disebut sebagai warna suram yang tidak cocok untuk dapur, terutama warna abu-abu yang lebih gelap. Abu-abu gelap dan hitam pekat tidak disarankan untuk dapur.

Abu-abu menjadi warna modern yang sedang tren yang banyak diaplikasikan di beberapa ruangan di rumah, tapi tidak memberikan pengalaman ramah ketika diaplikasikan di dapur. 

Faktanya, abu-abu gelap diketahui memiliki efek sebaliknya, menghasilkan pengalaman tidak menarik, serta bisa membuat dapur tampak kotor. 

Baca juga: 5 Warna yang Harus Dihindari di Dapur Menurut Desainer Interior 

Warna Pantone 488C

Warna Pantone 448C adalah campuran antara coklat dan hijau, tetapi digambarkan banyak orang sebagai cokelat gelap menjemukan.

Pakar cat mengatakan Pantone 448C terpilih sebagai warna cat paling jelek di dunia dan terburuk untuk dapur. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com