Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Putih di Polybag

Kompas.com - 10/08/2022, 14:11 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam bawang putih tak hanya dilakukan di tanah langsung, tapi juga polybag. 

Cara menanam bawang putih di polybag bisa menjadi alternatif budi daya bawang putih yang mudah dan praktis. Teknik budi daya ini bisa dilakukan di mana saja, tak terkecuali di halaman rumah.

 

Baca juga: Cara Menanam Bawang Putih di Dalam Pot agar Cepat Tumbuh 

Penggunaan polybag dinilai lebih praktis dan mudah dibanding menanam bawang putih di lahan luas. Lantas, bagaimana cara menanam bawang putih di polybag agar hasilnya maksimal?

Dikutip dari Cybex Kementerian Pertanian, Rabu (10/8/2022), berikut cara menanam bawang putih di polybag.

Persiapan tanam

Sebelum menanam siung bawang putih, masukkan tanah yang sudah dilengkapi dengan pupuk ke dalam pot yang berlubang drainase lancar.Unsplash/Neslihan Gunaydin Sebelum menanam siung bawang putih, masukkan tanah yang sudah dilengkapi dengan pupuk ke dalam pot yang berlubang drainase lancar.

Tahap pertama menanam bawang putih adalah menyiapkan media tanam dan bibit tanaman. Media tanam yang baik untuk menanam bawang putih adalah media tanam yang gembur, mudah menyerap air, dan mempunyai unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam yang digunakan bisa berupa campuran tanah dan pupuk organik dengan menggunakan perbandingan 1:1 atau 2:1. Selain media tanam yang subur, penggunaan bibit berkualitas juga sangat penting dalam budidaya bawang putih.

Bibit yang digunakan harus terbebas dari hama dan penyakit serta memiliki pertumbuhan yang baik. Anda bisa mendapatkan bibit di toko pertanian terdekat.

Baca juga: Bisakah Menanam Bawang Putih yang Dibeli di Pasar? Ini Penjelasannya

Penanaman

Setelah media tanam dan bibit tersedia, langkah berikutnya adalah mulai penanaman. Media tanam yang telah tersedia dimasukkan ke polybag dan disiram secukupnya.

Setelah itu, bibit bawang putih ditancapkan dalam media tanam tersebut dengan bagian yang runcing menghadap ke atas. Dalam satu polybag, Anda bisa menanam lebih dari satu bibit.

Hanya saja, pastikan memberi jarak antarbibit sekitar lima sampai 19 sentimeter. Setelah itu, simpan polybag di tempat yang memiliki penyinaran cukup untuk menujang pertumbuhan tanaman. 

Baca juga: Atasi Tanaman Layu dengan Bawang Merah dan Bawang Putih

Perawatan

Ilustrasi menyiram tanaman.SHUTTERSTOCK/MAKISTOCK Ilustrasi menyiram tanaman.

Perawatan tanaman bawang putih di polybag lebih mudah karena kesehatan tanaman lebih terjaga. Amatilah tanaman setiap hari. Jika terdapat hama atau penyakit yang merusak tanaman, semprotkanlah pestisida organik atau kimia sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Selain itu, bawang putih juga perlu disiram agar kebutuhan air tetap terpenuhi. Penyiram di awal pertumbuhan pengairan dilakukan dua sampai tiga hari sekali. 

Sementara itu, saat memasuki fase pembentukan tunas hingga umbi, pengairan dilakukan dilakukan dua sampai 15 hari sekali. Ketika menjelang panen, hentikan penyiraman bawang putih. 

Baca juga: Cara Budidaya Bawang Merah agar Panennya Melimpah

Panen

Jika tanaman bawang putih sudah tua dan telah memenuhi syarat untuk dipanen, segera lakukan pemanenan bawang putih dengan cara mencabutnya secara hat-hati.

Itulah cara menanam bawang putih di polybag dengan mudah. Anda bisa mencoba teknik budi daya bawang putih di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com