Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Taman Vertikal yang Mudah Dikerjakan Sendiri di Rumah

Kompas.com - 29/07/2022, 07:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman vertikal adalah strategi penting untuk memaksimalkan lahan sempit di rumah. Taman vertikal adalah struktur yang memungkinkan tanaman untuk ditanam dalam pot atau polybag di dinding atau pagar, bukan di tanah.

Namun demikian, perawatan taman vertikal juga bisa menantang. Sebelum membuat taman vertikal, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Misalnya, tanaman apa yang akan ditanam di taman vertikal, lalu lokasi penanamannya, misalnya di dinding, pagar, atau menanam tanaman merambat di teralis.

Baca juga: Cara Bikin Taman Depan Rumah Sederhana

Ilustrasi taman vertikal dari rak kayu. SHUTTERSTOCK/ATSTOCK PRODUCTIONS Ilustrasi taman vertikal dari rak kayu.

Dikutip dari Treehugger, Jumat (29/7/2022), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat taman vertikal di rumah, antara lain sebagai berikut.

Pertama, pikirkan tentang sinar matahari dan naungan, posisikan taman vertikal untuk memberikan tingkat cahaya yang tepat untuk tanaman yang ingin Anda tanam.

Kedua, pertimbangkan air, karena masalah utama dengan taman vertikal adalah menjaga tanaman tetap terhidrasi. Pastikan untuk memikirkan penyiraman dan bagaimana air akan diberikan ke tanaman.

Pertimbangkan solusi irigasi terpadu untuk meminimalkan waktu dan upaya yang diperlukan untuk memelihara sistem taman vertikal.

Baca juga: Cara Membuat Taman Feng Shui di Rumah

Ketiga, pastikan Anda mengetahui jenis akar tanaman yang berbeda. Tanaman yang berakar lebih dalam biasanya tidak akan tumbuh subur di taman vertikal.

Pilih tanaman dengan akar yang lebih dangkal yang dapat mengatasi pot atau wadah tanam yang lebih kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com