Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mudah Membuat Rumah Terasa Sejuk Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 08/07/2022, 18:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas membuat suasana di rumah menjadi tidak nyaman. Selain tubuh berkeringat, beraktivitas di rumah pun menjadi tidak menyenangkan karena panasnya suhu di dalam ruangan.

Selain menyalakan AC, ada beberapa cara mudah untuk membuat rumah terasa sejuk saat cuaca panas. Ini dapat Anda lakukan jika Anda ingin menghemat tagihan listrik dengan tidak menyalakan AC sepanjang hari.

Dilansir Family Handyman, Jumat (8/7/2022), berikut beberapa cara membuat rumah terasa sejuk saat cuaca panas.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Air Kolam Renang Tetap Sejuk Selama Cuaca Panas

Ilustrasi kipas angin gantung di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/PHOTOMAVENSTOCK Ilustrasi kipas angin gantung di dalam ruangan.

1. Pasang kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit

Bukan rahasia lagi bahwa udara yang bergerak membuat Anda merasa lebih sejuk. Dengan memasang kipas angin gantung atau kipas angin langit-langit, Anda dapat membuat pergerakan udara yang akan membantu mendinginkan diri sekaligus menghindari tagihan listrik yang tinggi.

Saat cuaca panas atau musim kemarau, nyalakan kipas angin gantung berlawanan arah jarum jam untuk menarik udara yang lebih dingin ke atas.

Selain itu, Anda dapat menyalakan exhaust fan kamar mandi selama cuaca panas yang akan membantu mengeluarkan udara hangat yang naik ke bagian luar rumah.

2. Tutup gorden

Jika Anda memiliki jendela yang menerima sinar matahari langsung di bagian mana pun sepanjang hari, Anda akan mendapat manfaat dari menjaga gorden tetap tertutup setidaknya pada waktu tercerah hari itu.

Baca juga: Avian Luncurkan Sunguard All-In-One, Cat Dinding Penangkal Suhu Panas

3. Pasang stiker film kaca jendela rumah antipanas

Dengan sekitar 30 persen panas sekitar yang masuk ke rumah melalui jendela, satu cara cepat dan mudah untuk menjaga rumah tetap dingin adalah dengan memasang stiker film kaca jendela reflektif yang mengurangi panas untuk mengatur suhu.

Sebagai bonus, film bahkan bekerja secara terbalik, menjaga lebih banyak udara hangat di dalam selama cuaca dingin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com