Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Potpourri dan Cara Menggunakannya di Rumah

Kompas.com - 03/07/2022, 13:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua orang suka menggunakan pewangi ruangan yang dijual di toko, baik itu pewangi dalam bentuk kertas yang digantung maupun lilin aromaterapi, karena sebagian memiliki wangi yang terlalu menyengat.

Di samping itu, tidak semua aroma yang diinginkan dijual di pasaran. Walhasil, beberapa orang memutuskan menghadirkan potpourri.

Baca juga: 3 Cara Mudah Membuat Potpourri untuk Mengharumkan Rumah Secara Alami

Namun, apa itu potpourri dan bagaimana cara menggunakannya? Apakah hanya perlu ditaruh di atas meja atau memerlukan aliran listrik untuk mengeluarkan aroma?

Disadur dari Her Zindagi, Minggu (3/7/2022), potpourri adalah sekumpulan bunga kering yang mengeluarkan aroma tersendiri.

Ini adalah wewangian yang bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Potpourri bisa ditaruh di mana saja untuk menambahkan nilai visual pada sebuah ruangan.

Potpourri bisa berupa campuran tanaman herbal, rempah-rempah, bunga, dan minyak esensial yang disimpan di dalam mangkuk terbuka.

Konsep penyegar ruangan alami ini berasal dari orang Perancis yang sejak awal sudah menggantung bunga kering di rumah mereka. Perlahan-lahan, metode ini menjadi populer di seluruh dunia.

Baca juga: 3 Cara Mengeringkan Bunga untuk Hiasan di Rumah 

Apa saja bahan yang diperlukan?

Ilustrasi potpourri.SHUTTERSTOCK / Kuboo Ilustrasi potpourri.

Untuk membuat potpourri, kamu harus menyiapkan bunga kering terlebih dahulu. Ini bergantung pada jenis dan aroma yang sukai.

Beberapa jenis bunga yang bisa digunakan untuk membuat potpourri adalah lavender, mawar, marigold, calendula, freesia, dan tulip.

Selain bunga, ada beberapa bahan yang bisa digunakan seperti rempah-rempah. Taburkan beberapa akar dan biji ke dalam mangkuk potpourri, tetapi jangan menambahkan terlalu banyak daun. Bahan-bahan ini bisa mengering dengan cepat. Jika memungkinkan, gunakan daun geranium.

Baca juga: 4 Tanaman Herbal yang Dapat Dimanfaatkan untuk Produk Pembersih

 Selain itu, bisa menggunakan tanaman herbal seperti kayu putih, rosemari, sage, atau timi.

Siapkan pula fixative. Ini adalah elemen paling penting saat menyusun potpourri. Fixative dapat menahan aroma campuran di dalam mangkuk dan melepaskannya secara perlahan di dalam ruangan. 

Selanjutnya, minyak esensial juga dapat ditambahkan ke dalam mangkuk potpourri. Pilih aroma minyak esensial yang sesuai dengan selera Anda. 

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Essential Oil sebagai Pengharum Ruangan

Cara menggunakan potpourri

Ilustrasi potpourri.SHUTTERSTOCK / mayura benjarattanapakee Ilustrasi potpourri.

Seperti disebutkan sebelumnya, semangkuk potpourri dapat diletakkan di area mana saja di rumah, termasuk di dalam laci atau lemari pakaian.

Kamu bisa membuat satu saset kecil potpourri untuk membuat dua tempat itu menjadi lebih wangi. Bahkan, potpourri dalam bentuk saset pun bisa ditempatkan di dalam koper, mantel, bahkan sepatu. 

Selain itu, potpourri ini dapat digantung di pintu masuk rumah untuk mempercantik tampilan pintu sekaligus eksterior hunian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com