Kompas.com - 03/07/2022, 10:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam industri cat, ada berbagai macam jenis cat yang dapat digunakan untuk mewarnai dinding interior maupun eksterior rumah.

Setiap jenis cat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta cara mengaplikasi yang berbeda.

Baca juga: Avian Luncurkan Sunguard All-In-One, Cat Dinding Penangkal Suhu Panas

Dua jenis cat yang paling umum digunakan adalah cat berbasis minyak (oil-based) dan cat berbasis air (water-based).

Research, Development, and Innovation Director Avian Brands, Angelica Tanisia Jozar, mengungkapkan orang-orang saat ini lebih sering menggunakan cat berbasis air daripada  minyak.

Baca juga: Ketahui, Ini 3 Perbedaan Cat Berbasis Air dan Minyak

“Memang sekarang orang-orang banyak beralih dari oil-based ke water-based karena lebih ramah lingkungan,” jelasnya dalam konferensi pers di Mal Plaza Senayan, Jakarta, baru-baru ini. 

Menurut Angelica, cat berbasis air hanya perlu diencerkan menggunakan air ketika hendak digunakan pada dinding. Sementara itu, cat berbasis minyak memerlukan thinner sebagai pelarut.

Lebih lanjut, cat berbasis air umumnya mengandung senyawa organik yang mudah menguap atau volatile organic compound (VOC) yang lebih rendah daripada cat berbasis minyak. 

Baca juga: 5 Warna Cat untuk Ruangan yang Sejuk, Tenang, dan Santai 

Tentunya, kehadiran VOC yang lebih tinggi dan sejumlah bahan kimia lain yang terdapat pada cat berbasis minyak membuatnya menjadi cat dinding yang mulai ditinggali banyak orang. 

“Akan jauh lebih baik memilih produk yang lebih ramah lingkungan. Cat berbasis air juga lebih ekonomis karena hanya dilarutkan pakai air,” kata Angelica.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.