Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2022, 20:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Situasi pandemi Covid-19 membuat semua orang harus lebih menjaga kebersihan dan kesehatan, termasuk ketika selesai beraktivitas di luar ruangan.

Pakaian yang telah dikenakan harus langsung diganti agar tidak membawa penyakit ke dalam rumah

Baca juga: 6 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mencuci di Mesin Cuci 

Untuk mengatasi hal itu, Samsung Electronics Indonesia meluncurkan Bespoke AirDresser yang merupakan perangkat modern untuk merawat pakaian dengan pintar dan efisien.

Perangkat ini dapat menyegarkan pakaian dengan membersihkan debu, membuang 99 persen bau tak sedap, melenyapkan 99,9 persen bakteri, virus, dan kuman, serta menghilangkan kerutan.

"Kebersihan dan higienitas merupakan top main atau hal penting. Bespoke AirDresser dapat menjadi solusinya dengan fitur-fitur yang dibenamkan," ujar Melvin Rubianto, Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (23/6/2022).  

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mencuci Pakaian di Mesin Cuci

Melvin menjelaskan, khusus untuk Indonesia, Samsung Bespoke AirDresser dilengkapi dengan fitur Batik Care Mode.

Fitur ini bertujuan merawat beragam pakaian batik agar warna dan coraknya tetap awet dengan memaksimalkan pengeringan yang lembut pada suhu rendah, yaitu antara 40-450 Celsius, serta pengeringan dilakukan selama 30 menit. 

Baca juga: 8 Kegunaan Gantungan Baju Kawat Selain untuk Menggantung Pakaian 

Pakaian segar dan bersih dengan mudah

Melvin menjelaskan, Samsung Bespoke AirDresser dapat membuat pakaian kembali bersih dan higienis. Selain itu, pakaian yang baru dikenakan sekali atau belum hendak dicuci, bisa dibersihkan dengan memasukkan ke Samsung Bespoke AirDresser.

Kemudian, alat akan meniupkan angin kuat yang disebut JetAir pada gantungan pakaian untuk melepaskan kotoran dari serat kain.

Proses selanjutnya adalah menggunakan uap bertemperatur tinggi lewat sistem JetSteam untuk mensanitasi pakaian serta mengeliminasi 99,9 persen bakteri, virus, tungau debu, dan senyawa berbahaya lainnya. 

Baca juga: 4 Jenis Kain yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Pakaian

JetSteam sangat cocok digunakan untuk selimut, mainan, bahkan pakaian bayi untuk menjaganya tetap bersih, higienis, serta bebas dari kontaminan berbahaya.

Selain itu, ada fitur UV Deodorizing Filter yang akan bekerja mengeliminasi bau-bau tak sedap seperti bau makanan, asap rokok, dan keringat.

Cara kerjanya adalah menyemprotkan udara dan uap panas untuk melepaskan 99 persen partikel penyebab bau dari pakaian.

Untuk mengeluarkan partikel penyebab bau dari dalam AirDresser, terdapat pula filter berbahan keramik supaya partikel-partikel yang lepas itu tidak mengontaminasi pakaian yang ada di dalam. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Membersihkan Noda Teh pada Pakaian

Dengan begitu, Anda terbebas dari bau asap rokok maupun keringat yang mungkin menempel saat berada pada perjalanan pulang atau berada di luar. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com