Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyewakan Vs Menjual Rumah, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Kompas.com - 17/05/2022, 21:05 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, memiliki lebih dari satu rumah merupakah hal mahal dan memberi banyak keuntungan.

Rumah tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi uang seperti menyewakannya atau menjualnya. Masing-masing keputusan itu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Menyewakan Rumah

Ketika menjual rumah, pemilik memperoleh uang dalam jumlah sangat besar sekaligus. Sementara itu, menyewakan rumah membuat pemilik memperoleh penghasilan bulanan atau tahunan sepanjang seseorang menyewa properti mereka.

Menilik hal tersebut, beberapa orang terkadang masih merasa bingung mengambil keputusan mana yang terbaik dan lebih menguntungkan? 

Dilansir dari Forbes, Selasa (17/5/2022), ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum menyewakan atau menjual rumah seperti berikut ini. 

Baca juga: Sebelum Menjual Rumah, Perbaiki Dulu 5 Hal Ini agar Cepat Laku

Perhatikan hal-hal terkait perjanjian kontrak rumahShutterstock Perhatikan hal-hal terkait perjanjian kontrak rumah

Menyewakan rumah

Dengan tetap memiliki rumah lama, kamu terus membangun ekuitas saat membayar hipotek dengan pendapatan sewa. Ditambah, nilai pasar untuk rumah terus meningkat dari waktu ke waktu.

Jika rumah dalam kondidi bagus, berada di lokasi menguntungkan, dan kamu memiliki cadangan uang yang memadai, menyewakan rumah lama bisa menjadi keputusan bijaksana.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Sebelum Menjual Rumah agar Cepat Laku

Menyewakan rumah dapat mengubahnya dari kewajiban finansial menjadi aset yang menguntungkan. Namun, sebagai pemilik properti, kamu perlu memiliki uang untuk menutupi biaya perawatan saat tidak ada penyewa.

Sebelum mulai menyewakan rumah, pertimbangkan hal-hal yang ditawarkan rumah kepada penyewa. Umumnya, penyewa mencari lingkungan dengan tingkat kriminalitas rendah, dekat dengan sekolah berkualitas, tempat belanja yang nyaman, dan fasilitas lingkungan lainnya. 

Baca juga: Membeli Vs Membangun Rumah, Mana yang Lebih Baik?

Menjual rumah

Ilustrasi rumah, eksterior rumah.SHUTTERSTOCK/ARTAZUM Ilustrasi rumah, eksterior rumah.

Seperti diketahui, nilai jual rumah kerap meningkat setiap tahun. Menjual rumah di lokasi strategis dan kota besar dapat memberikan nilai besar. 

Banyak orang memerlukan uanguntuk membeli rumah selanjutnya dan inilah alasan bagus mengapa menjual rumah bisa menjadi pilihan tepat.

Bila Anda tak memiliki pengetahuan mengelola properti sewaan dan enggan berurusan dengan penyewa, menjual rumah bisa menjadi pertimbangan. 

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Memilih Kanopi Jendela yang Tepat untuk Rumah

Menyewakan rumah membuat kamu harus melakukan pemiliharaan terhadap properti.

Alasan lain perlu menjual rumah adalah hunian tidak berada di lingkungan kurang menarik untuk disewakan, rumah membutuhkan terlalu banyak biaya perbaikan, serta tidak memiliki cukup uang untuk memelihara properti saat tidak ada penyewa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com