Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Es Batu untuk Kebutuhan Rumah Tangga, Apa Saja?

Kompas.com - 02/05/2022, 12:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com – Selain memberikan rasa dingin atau segar pada minuman, es batu juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. 

Selain itu, cara memanfaatkan es batu untuk kebutuhan rumah ini cukup mudah dan murah meriah. Dilansir dari Family Handyman, Senin (2/5/2022), berikut lima manfaat es batu untuk kebutuhan rumah tangga. 

Baca juga: Manfaatkan Cetakan Es Batu untuk 5 Hal Ini

Menghilangkan bau dari saluran pembuangan

Ilustrasi saluran air wastafel dapur. SHUTTERSTOCK/WINNOND Ilustrasi saluran air wastafel dapur.

Untuk mengatasi bau pada saluran pembuangan wastafel dapur, gunakan bongkahan es batu. Caranya, masukkan bongkahan es batu ke lubang wastafel, lalu tuang air panas agar es mengalir ke pipa.

Bekas lekukan furnitur pada karpet

Furnitur yang diletakkan di atas karpet cukup lama bisa meninggalkan bekas lekukan sehingga membuat tampilan karpet kurang sedap dipandang.

Untuk mengembalikan permukaan karpet ke bentuk semula, letakkan es batu di atas area lekukan. Namun, jika areanya panjang atau besar, taruh beberapa es batu.

Selanjutnya, diamkan es batu hingga meleleh dengan sendirinya. Bila sudah mencair, ambil kain atau spons untuk menyerap cairannya serta gosok dengan lembut hingga serat karpet kembali ke bentuk semula.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Lekukan Furnitur pada Karpet dengan Es Batu

Sebagai alat pendempul

Ilustrasi kipas angin, ilustrasi balok es, ilustrasi es batu.SHUTTERSTOCK / BOKEH STOCK Ilustrasi kipas angin, ilustrasi balok es, ilustrasi es batu.

Untuk mendempul permukaan apa pun, kamu dapat menggunakan es batu yang dijalankan di sepanjang garis dempul. Beri tekanan yang stabil. 

Adapun lapisan air yang terbentuk di antara es batu dan dempul akan membuat hasil akhir yang halus dan profesional.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Cetakan Es Batu

Pendingin ruangan

Saat cuaca panas, tidak selalu perlu menggunakan AC untuk mendinginkan atau menyejukkan ruangan. Kamu bisa menggunakan es batu dan kipas angin 

Caranya, letakkan es batu berukuran besar atau tumpukan es batu di dalam wadah, lalu letakkan wadah di depan kipas angin yang sedang menyala. Embus dingin dari es batu ini akan menambahkan dingin udara yang dikeluarkan kipas angin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com