Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Tips Mencerahkan Pakaian Putih yang Menguning

Kompas.com - 01/05/2022, 09:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring waktu, pakaian putih bisa menguning karena beberapa hal seperti air sadah dan kesalahan mencuci pakaian. Tentu saja hal ini dapat mengurangi tampilan pakaian. 

Beruntung, ada beberapa cara atau produk laundry yang dapat membantu mencerahkan kembali pakaian putih yang menguning. 

Dilansir dari The Spruce, Minggu (1/5/2022), berikut tips mencerahkan pakaian putih yang menguning. 

Baca juga: Pemutih Vs Baking Soda, Mana yang Lebih Ampuh Membersihkan Pakaian Putih?

Pemutih oksigen

Ilustrasi pemutih. SHUTTERSTOCK/IRINA ANNARUMMA Ilustrasi pemutih.
Metode paling lembut untuk memutihkan pakaian yang menguning adalah mencampur larutan air hangat dan pemutih berbasis oksigen.

Caranya, merendam pakaian putih selama delapan jam atau semalaman, kemudian cuci seperti biasa menggunakan air terpanas yang direkomendasikan untuk kain, dan tambahkan setengah cangkir cuka putih suling ke dalam air bilasan.

Proses ini aman digunakan pada pakaian putih berbahan poliester dan semua kain sintetis serta serat alami seperti katun dan linen.

Jika melihat peningkatan, tetapi kain masih tidak seputih yang diinginkan, ulangi prosesnya dengan campuran pemutih oksigen yang baru. Namun, hindari menggunakan metode ini pada kain sutra, wol, atau kulit. 

Baca juga: Simak, 8 Tips Mencuci Pakaian yang Mudah Luntur 

Belau

Ini merupakan produk laundry model lama yang dapat ditambahkan ke dalam air cucian atau bilasan untuk membuat pakaian putih tampak lebih cerah. Ikuti saja petunjuk pada produk dengan hati-hati.

Penghilang warna komersial

Jika pemutih berbasis oksigen atau belau tidak membuat pakaian cukup putih, gunakan penghilang warna komersial untuk menghilangkan noda warna apa pun dari pakaian. Namun, hindari pada pakaian dengan hiasan. 

Baca juga: Menjemur Pakaian Putih di Bawah Sinar Matahari Bisa Mencerahkannya?

Menjemur pakaian di bawah sinar matahari

Ilustrasi menjemur pakaian di bawah sinar mataharipixabay.com Ilustrasi menjemur pakaian di bawah sinar matahari
Jika memungkinkan, jemur pakaian putih di luar ruangan, tepatnya di bawah sinar matahari. Sinar ultraviolet dari sinar matahari akan membantu memutihkan pakaian yang menguning. 

Pemutih klorin

Pemutih klorin dapat digunakan pada pakaian putih atau kain katun yang telah menguning karena masalah penyimpanan. Selalu ikuti petunjuk produk dan jangan gunakan terlalu banyak pemutih.

Selain itu, periksa label untuk petunjuk tentang suhu air. Beberapa formula pemutih klorin hanya berfungsi pada air dingin dan panas menonaktifkannya. 

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Cara Menghilangkan Aneka Noda dari Pakaian Putih

 

Jika dapat mendeteksi bau klorin saat mengeluarkan cucian basah dari mesin cuci, artinya Anda menggunakan terlalu banyak pemutih.

Kurangi jumlah yang digunakan dan lakukan bilasan kedua untuk menghilangkan sebanyak mungkin residu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com