Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakaian Putih Hangus Terkena Setrika? Ini Solusinya

Kompas.com - 18/08/2021, 19:43 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda hangus pada pakaian bekas setrikaan akan sangat sulit dihilangkan sepenuhnya. Terlebih ketika pakaiannya berwarna putih, noda tersebut akan sangat jelas terlihat menempel di permukaan pakaian.

Untuk itu, agar noda tidak menempel dan sulit dibersihkan, Anda harus mengatasinya dengan cepat.

Melansir dari Good Housekeeping, Rabu (18/8/2021), ada cara mudah untuk menghilangkan noda tersebut, antara lain sebagai berikut ini.

Baca juga: 5 Bahan yang Ampuh Membersihkan Noda Gosong pada Setrika

1. Gunakan obat tetes mata

Untuk menghilangkan noda hangus karena setrika, gunakan penetes obat mata, dan hidrogen peroksida. Teteskan obat mata ke permukaan yang bernoda sebanyak satu atau dua tetes.

Kemudian, diamkan beberapa menit hingga satu jam, namun jangan biarkan noda mengering. Jaga agar tetap lembap dengan hidrogen peroksida dan amonia.

2. Cuci

Setelahnya, siram dengan air bersih dan cuci pakaian menggunakan pemutih oksigen jika aman untuk jenis kain tersebut.

3. Trik mengatasi dengan cepat

Jika Anda membuat pakaian putih hangus saat disetrika, ada dua cara cepat dan mudah untuk memperbaiki kerusakan. Triknya adalah segera lakukan salah satunya, antara lain sebagai berikut.

Baca juga: Cara Membersihkan Tapak Setrika yang Berkerak Menggunakan Garam

  • Jika Anda punya waktu dan tidak ingin memakai pakaian tersebut saat itu juga, gosokkan deterjen cucian cair ke noda hangus dan cuci segera pakaian tersebut menggunakan deterjen cucian cair dan pemutih oksigen, jika aman untuk kain.
  • Jika Anda harus segera memakai atau menggunakan pakaian tersebut dan sedikit bekas hangusnya, gosokkan sedikit cuka suling putih pada kain. Lap dengan kain bersih.

Namun, hal yang perlu diketahui adalah kain yang sangat hangus di mana seratnya terbakar dan rusak tidak dapat dikembalikan ke keadaan semula. Juga tidak bisa di area yang meleleh atau mengkilat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com