Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2022, 19:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman obat memiliki banyak khasiat. Tanaman obat telah banyak digunakan orang-orang sejak dahulu kala sebagai perawatan rumahan untuk mengobati penyakit tertentu.

Bahkan, para profesional sering merekomendasikan penggunaan tanaman obat untuk melengkapi beberapa perawatan farmakologis. 

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Mudah Tumbuh dan Ditanam di Rumah

 

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyoroti (dalam rencana strategisnya) manfaat penggunaan tanaman obat dalam sistem kesehatan sebagai pengobatan tambahan untuk rasa sakit dan kondisi kesehatan lainnya.

Praktek ini, yang juga dikenal sebagai fitoterapi, berhasil diterapkan karena banyak dari tanaman obat dapat ditanam di rumah.

Dengan menerapkan praktik ini, Anda dapat menyimpan sejumlah obat alternatif di rumah untuk digunakan kapan pun saat membutuhkannya.

Baca juga: 9 Tanaman Obat yang Bisa Ditanam di Rumah

Terlebih lagi, kegiatan menanam tanaman di rumah dapat menjadi kegiatan menghilangkan stres yang memungkinkan Anda menikmati saat-saat tenang sambil menyatu dengan alam.

Selain itu, para peneliti percaya bahwa tanaman dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh serta menangkal gejala penyakit pernapasan. 

Nah, dilansir dari Decor Tips, Minggu (24/4/2022), berikut beberapa tanaman obat yang dapat ditanam di rumah.

Baca juga: 7 Tanaman Obat yang Cocok Ditanam di Rumah dan Manfaatnya 

Lidah buaya

Ilustrasi lidah buayaUnsplash/Heye Jensen Ilustrasi lidah buaya
Sampai saat ini, sekitar 350 spesies lidah buaya telah ditemukan. Sudah umum menemukan tanaman obat ini di dalam rumah di seluruh dunia.

Lidah buaya memiliki sifat dan manfaat luar biasa, di antaranya membantu kulit tampak bercahaya dan halus, meredakan luka bakar, lecet, psoriasis, mengatasi gigitan serangga, serta menjaga kulit tetap terhidrasi.  

Baca juga: 3 Campuran Tanah Pot untuk Lidah Buaya Tumbuh Subur

Valerian

Valerian adalah salah satu tanaman obat yang paling banyak digunakan dalam pengobatan alternatif atau fitoterapi. Valerian memiliki manfaat luar biasa yang membantu mengelola beberapa gejala kecemasan.

Manfaat tanaman obat ini telah dipelajari selama 18 tahun terakhir yang berguna dalam pengobatan diare ringan, tremor, sakit kepala, bahkan beberapa gejala yang berhubungan dengan menstruasi. 

Baca juga: 5 Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah dan Manfaatnya 

Poppy

Ilustrasi tanaman eucalyptus di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi tanaman eucalyptus di dalam ruangan.

Poppy memiliki banyak khasiat penyembuhan. Tanaman obat ini dapat digunakan sebagai infus mengelola gejala kecemasan ringan, serta menghilangkan sakit kepala.

Selain itu, mencegah dan meredakan gejala bronkitis, mengobati batuk kering dan pilek, serta melindungi selaput lendir pernapasan.  

Baca juga: 12 Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com