Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Tanaman Cabai Layu dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - Diperbarui 04/02/2023, 08:40 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Melihat tanaman cabai di kebun layu pasti akan membuatmu langsung berpikir jika ia kekurangan air. Sehingga langsung menyiraminya agar tanaman cabai lekas pulih dan segar kembali.

Hanya saja, layu pada tanaman tak melulu berkaitan dengan kekurangan air. Ada banyak faktor yang bisa membuat tanaman cabai layu.

Dilansir Bountiful Gardener, berikut lima alasan kenapa tanaman cabai layu selain masalah kekurangan air.

Baca juga: Trik Mengatasi Kerontokan Bunga pada Tanaman Cabai

Ilustrasi tanaman cabai.WIKIMEDIA COMMONS/SREENI.KAKI Ilustrasi tanaman cabai.

1. Terlalu banyak mendapatkan asupan air

Tak hanya kekurangan air, terlalu banyak air juga bisa membuat tanaman yang satu ini mengalami kelayuan. Pasalnya terlalu banyak air bisa mengakibatkan akar terendam sehingga oksigen berkurang.

Akar tanaman cabai yang kekurangan oksigen akan membusuk. Untuk meghindari hal ini kamu perlu memastikan media tanam cabai memiliki drainase yang baik.

Selain itu, jangan terlalu sering menyiram tanaman cabai. Bila kamu menanamnya di polybag atau pot, siram tanaman cabai ketika tanah permukaannya mulai mengering.

Baca juga: 7 Tips Membuat Cabai yang Ditanam Sendiri Lebih Pedas

2. Tanaman cabai layu karena panas matahari

Suhu panas dari teriknya matahari di siang hari juga bisa membuat tanaman cabai layu. Hal ini karena tanaman mengalami transpirasi atau penguapan melalui daun dengan cepat.

Bila proses transpirasi yang terlalu cepat tidak bisa diimbangi oleh akar, maka akan menyebabkan tanaman cabai layu meski permukaam tanahnya basah.

Cara untuk melihat apakah tanaman cabai layu akibat suhu panas daro sinar matahari yakni ketika siang hari. Bila tanaman layu di siang hari, berarti ia layu akibat suhu yang panas.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com