Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menghadirkan Warna ke Ruangan Tanpa Perlu Mengecat Dinding

Kompas.com - 14/04/2022, 19:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tinggal rumah yang telah ditempat selama bertahun-tahun terkadang membuat bosan sehingga ingin merombak rumah guna menampilkan sesuatu yang baru. 

Untuk itu, beragam cara pun dilakukan seperti melakukan renovasi besar-besaran, mengubah tampilan ruangan, mendekorasi area teras, atau mengecat ruangan untuk menyegarkan kembali ruangan.

Baca juga: 6 Warna yang Dapat Mengurangi Stres dan Memperbaiki Mood

Mengecat ruangan sering kali banyak dipilih lantaran mudah dilakukan serta memberi dampak langsung pada perubahan suasana di ruangan.

Padahal, menghadirkan warna dan menghidupkan suasana di ruangan tidak selalu dengan mengecat ruangan. Ada berbagai cara lain yang bisa dilakukan, bahkan lebih mudah dan murah. 

Dilansir dari Apartment Guide, Kamis (14/4/2022), berikut cara menghadirkan warna ke ruangan tanpa perlu mengecatnya. 

Baca juga: 10 Pilihan Warna Cat Dinding Kamar Tidur yang Menenangkan

Bantal atau barang dekoratif lain

Ilustrasi bantal sofa. UNSPLASH/BEAZY Ilustrasi bantal sofa.
Margaret van Puffelen dari Colors of Design Group mengatakan warna dapat menciptakan beragam nuansa. “Penggunaan warna-warna tersebut dapat menciptakan suasana relaksasi, kemewahan, dan kesenangan,” ujar Puffelen.

Founder Living Cozy, Ash Read, mengatakan, untuk menghadirkan warna ke dalam rumah, kamu dapat melakukannya melalui aksen. 

Baca juga: Jangan Salah Pilih, 6 Warna Cat Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Mandi

“Cara terbaik yang dapat dilakukan adalah memilih warna aksen yang disukai dan memasukkan beberapa aksesori dalam warna tersebut ke ruanganmu,” tutur Read.

Sebagai contoh, pilih bantal berwarna biru cerah atau sage green untuk menghadirkan nuansa khas pesisir. Bisa pula menghadirkan warna tersebut melalui selimut, vas bunga, atau mangkuk dekoratif.

Baca juga: 7 Warna Cat Dinding Terbaik untuk Ruang Kerja Menurut Feng Shui

Karpet

Ilustrasi ruang keluarga, Ilustrasi karpet di ruang keluarga. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga, Ilustrasi karpet di ruang keluarga.
Founder Topfloor by Esti, Esti Barnes, mengungkapkan, warna yang dihadirkan tidak melulu harus melalui barang yang posisi peletakkannya setinggi mata.

“Karpet adalah barang yang bagus untuk menambahkan warna pada ruangan. Meski sebagian besar digunakan sebagai latar belakang dalam interior, karpet harus digunakan untuk membawa kegembiraan,” kata Barnes.

Untuk ruangan serba putih, tambahkan karpet berwarna cerah di tengah ruangan sebagai titik fokus.

Menurut Barnes, furnitur dan gorden di ruangan formal umumnya berwarna natural atau netral. “Karpet bisa menjadi benda yang memiliki corak atau percikan warna cerah untuk memecah ruangan yang monoton,” ucap Barnes. 

Baca juga: 3 Warna Cat yang Tak Pernah Ketinggalan Zaman

Stiker wallpaper dinding

Tim dari Blythe Interiors mengatakan warna juga dapat dihadirkan melalui stiker wallpaper dinding yang mudah dilepas tanpa merusak dinding. 

Jika khawatir, gunakan stiker wallpaper dinding pada permukaan lain seperti rak buku atau daun pintu.

Karya seni

Ilustrasi wallpaper - Tampilan ruangan dengan wallpaper.SHUTTERSTOCK / Photographee.eu Ilustrasi wallpaper - Tampilan ruangan dengan wallpaper.
Apabila ada area dinding yang kosong, manfaatkan untuk memamerkan sejumlah karya seni. Kamu dapat menghadirkan warna melalui karya seni, rangkaian bingkau berwarna, dan tekstur.

Baca juga: Ingin Membuat Ruangan Tampak Lebih Besar? Gunakan 5 Warna Ini

Tanaman

Selain dapat meningkatkan suasana hati, tanaman dapat menghadirkan warna ke sebuah ruangan tanpa perlu mengecat dinding. Pilih tanaman hias dengan daun bermotif dan memiliki bunga.

Peralatan dapur

Untuk area dapur, kamu dapat menambahkan warna dengan memilih peralatan dapur warna-warni, entah itu dari peralatan masak maupun berbagai macam gelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com