Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2022, 09:57 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun memasak nasi terlihat mudah, ternyata masih banyak orang yang sering gagal. Entah itu nasinya jadi lembek seperti bubur atau kurang air dan akhirnya gosong.

Nah, berikut ini ada lima kesalahan umum dalam memasak nasi dan cara mengatasinya yang dilansir dari Insider, Rabu (30/3/2022). Mungkin bisa membantumu untuk memasak nasi yang enak dan sesuai dengan selera.

Baca juga: Jangan Dibuang, Nasi Sisa Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman

Tidak memasak nasi dengan takaran air yang sesuai

Kesalahan pertama dan yang paling umum yakni tidak mengukur air sesuai dengan nasi yang di masak. Sehingga bisa menyebabkan nasi jadi lembek atau gosong.

Sebenarnya ada cara tradisional dalam mengukur air ini yaitu dengan ukuran ruas jari. Hanya saja, terkadang ukuran jari manusia itu berbeda-beda. Sehingga membuatmu harus mencari tahu di ruas jari mana yang pas untuk menanak nasi.

Kalau bingung, sebaiknya kamu menggunakan alat ukur yang biasanya sudah tersedia di rice cooker atau kamu bisa menggunakan gelas. Aturan umum menggunakan alat ukur ialah 1 cangkir beras membutuhkan 2 cangkir air.

Baca juga: Tak Hanya Dijadikan Nasi, Beras Bisa Digunakan untuk 7 Hal Ini

Menganggap semua jenis beras sama

Kesalahan selanjutnya yaitu kamu menganggap semua jenis beras sama. Sebab, sebenarnya beberapa beras memiliki aturanya sendiri.

Misalnya saja beras merah yang peru dimasak lama, sehingga membutuhkan banyak air. Berbeda lagi dengan beras yang baru saja dipanen yang hanya membutuhkan air sedikit untuk memasaknya.

Sementara beras yang memiliki aroma wangi seperti basmati perlu sedikit rendaman agar lebih cepat saat memasak. Sehingga aroma wanginya tidak rusak.

Baca juga: 5 Fungsi Lain Rice Cooker Selain Memasak dan Menghangatkan Nasi

Cara yang salah saat membilas beras

ilustrasi beras ketan. SHUTTERSTOCK/Stock2468 ilustrasi beras ketan.

Berapa kali kamu membilas beras sebelum dimasak? Biasanya orang akan menyarankan tiga kali bilas atau sampai air bilasan beras tidak begitu keruh.

Hanya saja, saat membilas ini kamu juga perlu untuk memperhatikan jenis beras dan makanan apa yang ingin kamu masak. Contohnya saja bila kamu ingin memasak risotto, sebaiknya tak mencuci beras sampai bersih. Sebab, pati beras berguna untuk membuat risotto terasa lembut.

Sementara saat ingin memasak nasi untuk sushi, setelah membilas nasi hingga empat kali. Kamu harus meniriskannya sampai satu jam sebelum dimasak. Hal ini demi membuat nasi matang dan enak saat dicampur saus cuka.

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Pakai Nasi

Mengganggu nasi saat dimasak

Bila memasak nasi di kompor, mungkin akan ada rasa penasaran apakah nasi sudah matang atau belum. Lalu kamu membuka tutup panci untuk melihatnya.

Kalau kamu melakukan ini dalam kurun waktu 30 menit masih wajar. Namun, jika baru 10 menit lalu membuka panci, itu bisa membuat nasi tak matang sempurna.

Sebab, setiap kali kamu mengangkat tutupnya, berarti uap di panci keluar. Sehingga bisa menurunkan suhu di dalam panci. Sebenarnya kamu juga tak perlu mengaduk nasi saat dimasak, karena bisa memecah biji nasi dan mengubahnya menjadi bubur.

Lebih baik kamu diamkan saja sampai sekitar 30 menitan bila mau melihat apakah nasi sudah matang atau belum.

Baca juga: Catat, Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Nasi Sisa

Tidak mengaduk nasi setelah matang

Saat memasak kamu memang tak perlu untuk mengaduk nasi. Namun, setelah nasi matang kamu perlu mengaduknya agar tak membuat nasi menggumpal.

Selain itu, kamu juga perlu mengistirahatkan nasi sekitar 10 menitan agar nasi matang sempurna. Sehingga tak bertekstur lembek atau masih ada beras yang belum matang dan aturan yang satu ini berlaku untuk semua jenis beras

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com