Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal Penting untuk Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Kompas.com - 27/03/2022, 17:31 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kamar tidur memiliki fungsi utama sebagai area istirahat dan tempat relaksasi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman sehingga kamu akan lebih betah berada di dalamnya.

Tak hanya nyaman, mendesain kamar tidur sesuai dengan keinginanmu juga dapat menciptakan ruang pribadi yang lebih berkarakter.

Melansir dari Archify, Minggu (27/3/2022), untuk mendapatkan atmosfer kamar tidur yang nyaman, beberapa elemen penting seperti pemilihan lantai, warna cat, pencahayaan dan furniture sangatlah penting.

Empat elemen berikut ini tentunya dapat membuat tidur lebih nyenyak dan merasa lebih segar saat bangun di pagi hari.

Baca juga: Menggunakan Kayu untuk Dekorasi Kamar Mandi? Ini Cara Perawatannya

Pemilihan lantai

Untuk menciptakan kesan hangat pada interior kamar tidur, pilihlah jenis lantai yang tepat dan sesuai. Idealnya, bahan untuk lantai kamar tidur harus hangat untuk diinjak.

Salah satu yang umum digunakan adalah parket kayu dengan karpet yang menutupi lantai. Warna coklat alami kayu dapat memberikan sentuhan klasik dan tenang pada ruangan.

Sedangkan untuk karpet, permukaan yang lembut akan memunculkan kehangatan dan kenyamanan, yang akan menambah keintiman suasana kamar tidur.

Baca juga: 3 Cara Tepat Memilih Cermin untuk Ruangan dan Dekorasi Dinding

Pemilihan warna cat dinding

Fungsi utama kamar tidur adalah untuk beristirahat dan relaksasi, karena itu sangat penting untuk membangun suasana yang nyaman. Rasa nyaman ini bisa kamu dapatkan dari pemilihan warna cat dinding yang tepat.

Warna-warna netral seperti gading, krem, abu-abu, atau putih adalah pilihan yang tepat karena lembut dan dapat memberikan rasa keseimbangan dan ketenangan.

Selain itu warna-warna netral ini juga cocok untuk semua jenis furniture. Untuk tampilan yang kontras, padukan warna netral dengan warna mencolok lainnya.

Baca juga: Rain Hampir Operasi Plastik gara-gara Park Jin Young

Pencahayaan kamar tidur

Ilustrasi pencahayaan kamarIn-Lite Ilustrasi pencahayaan kamar

Agar kamar tidur lebih nyaman, sebaiknya hindari menggunakan terlalu banyak lampu. Berbeda dengan ruang belajar atau dapur yang membutuhkan banyak penerangan, memasang terlalu banyak lampu malah dapat merusak rasa nyaman di kamar.

Pilihlah lampu yang hangat dan redup untuk kamar tidur, kamu juga bisa menggunakan dimmer untuk menyesuaikan mood ruangan.

Baca juga: Tips Feng Shui untuk Menerapkan Warna Hijau dalam Dekorasi Rumah

Pemilihan furniture

Dalam memilih furniture untuk kamar, kamu tidak perlu memilih furniture yang mahal dan berlebihan. Cukup isi kamar dengan furniture yang nyaman dan memang kamu perlukan.

Misalnya saja tempat tidur, meja rias dan lemari pakaian. Memasukkan terlalu banyak furniture ke dalam kamar dapat membuat kamar terasa sempit dan penuh. Dengan memilih furniture yang fungsional, kamar akan terlihat lebih lapang dan elegan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com