Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2022, 11:33 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap ras anjing memiliki keunikannya tersendiri, mulai dari tampilan dan warna bulunya, kebiasaannya, hingga kegiatan yang disukai.

Di dunia sendiri, ada sebanyak 360 ras anjing yang diakui oleh Federation Cynologique Internationale (FCI) selaku organisasi anjing internasional. Salah satunya adalah German Shepherd.

Baca juga: 15 Ras Anjing Asal Asia yang Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan

Anjing yang berasal dari Jerman ini terkenal akan wajahnya yang garang, dan mungkin lebih sering terlihat sebagai salah satu anjing pelacak di kalangan Detasemen Anjing Pelacak atau K-9 Polri.

Kendati demikian, anjing ini memiliki ragam nilai plus selain pintar dalam melacak sesuatu, seperti dikutip Always Pets, Senin (21/3/2022). Apa saja?

Ilustrasi anjing ras German Shepherd. PIXABAY/COULEUR Ilustrasi anjing ras German Shepherd.

1. Loyal dan pemberani

German Shepherd terkenal sebagai anjing yang loyal, pekerja keras, dan pemberani. Jadi, bukanlah sesuatu yang mengherankan jika mereka menjadi salah satu ras anjing paling populer di dunia.

2. Sangat penurut

Kualitas lainnya yang dimiliki anjing ini adalah mereka dapat diandalkan dan penurut. Mereka adalah anjing yang mematuhi dan menerima semua perintah dengan serius.

Hal tersebut beda dengan kembarannya, yakni American German Shepherd. Meski demikian, mereka tetap tahu cara untuk bersenang-senang.

Baca juga: 10 Ras Anjing Kecil yang Senang Dipangku Pemiliknya

3. Terkenal sebagai anjing pahlawan

Di Amerika Serikat (AS), German Shepherd disebut sebagai anjing pahlawan lantaran mereka menjadi bagian dari tim pencarian dan penyelamatan setelah peristiwa 11 September. 

Apollo, bagian dari NYPD K-9, menerima AKC Humane Fund for Canine Excellence karena melakukan pencarian dan penyelamatan korban 9/11 bersama dengan pemiliknya, yakni Peter Davis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com