Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2022, 21:13 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu sering menemukan noda putih di pakaian selepas mencuci? Noda tersebut muncul akibat penggunaan detergen yang berlebihan.

Nah, supaya tak ada lagi noda putih di baju, berikut lima hal yang perlu kamu perhatikan saat mencuci pakaian yang dilansir dari Tide, Kamis (17/3/2022).

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kita Butuh Ruang Khusus untuk Cuci Baju

Pakaian terlalu kotor

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja dengan mengetahui seberapa kotorkah pakaian yang akan dicuci. Apakah penuh noda saus atau hanya kotor biasa tanpa noda?

Sebab, bila pakaian yang akan kamu cuci terlalu kotor, penuh noda pasir, saus, atau minyak. Kamu perlu menggunakan detergen yang banyak agar noda di pakaian terangkat semua.

Sementara bila bajunya hanya kotor akibat telah dipakai seharian, tak perlu memakai detergen sampai satu sendok takar. Kamu cukup menggunakan detergen bubuk kurang dari satu per empat sendok takar.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Karat di Baju, Sofa, dan Karpet

Terlalu banyak deterjen

Jumlah pakaian pada saat mencuci juga menjadi perhatian utama sebelum menuangkan detergen. Sebab semakin banyak baju yang menumpuk, maka semakin banyak pula detergen yang harus dituang.

Jangan sampai cucian yang hanya beberapa potong pakaian kamu beri detergen satu sendok takar penuh. Bila kamu memberi detergen sebanyak itu, hasilnya pasti akan ada residu di pakaiaanmu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Oli pada Baju dengan Deterjen dan Minyak Tanah

Kualitas air

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / mariakray Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Kualitas air mungkin tidak menjadi perhatian utama saat mencuci. Padahal kualitas air berpengaruh pada kelarutan sabun.

Misalnya saja bila rumah memiliki air dengan kandungan mineral yang tinggi, kamu perlu menggunakan detergen yang lebih ketika mencuci.

Sebab, air dengan mineral tinggi membuat sabun kurang bisa larut dan membentuk busa. Begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Bekas Keringat dan Deodoran di Ketiak Baju

Kandungan detergen

Selain memperhatikan pemakaian detergen ketika mencuci. Kamu juga perlu memperhatikan dosis yang terkandung di dalam detergen.

Hal ini karena ada beberapa detergen yang dibuat dengan konsentrasi tinggi. Sehingga bila kamu menuangkan detergen sedikit saja, busa yang muncul sudah bisa untuk mencuci beberapa potong baju.

Biasanya detergen yang memiliki konsentrasi tinggi ini terlihat lebih pekat atau kental, karena dibuat dengan mengurangi komposisi air. Produk ini tersebar di pasaran dalam bentuk cair dan biasanya ada label ultra konsentrat.

Baca juga: Amankah Mencuci Baju di Mesin Cuci Pakai Sampo?

Tidak memperhatikan petunjuk pemakaian

Mengikuti petunjuk pemakaian selalu menjadi langkah yang tepat untuk mencegah segala kemungkinan menjadi buruk. Begitu juga dengan mencuci.

Agar tak ada noda putih pada pakaian, kamu juga perlu memperhatikan petunjuk pencucian pada label baju. Pasalnya ada beberapa pakaian yang harus ditangani dengan cara yang berbeda agar tak rusak.

Selain memperhatikan label di baju, kamu juga perlu membaca petunjuk penggunaan detergen. Hal ini demi menghindari salah pemakaian yang bisa berakibat fatal pada baju dan mesin cucimu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com