Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2022, 22:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua perlengkapan berbahan perak rentan terhadap noda saat terpapar udara dan cahaya. 

Banyak gas secara alami di udara mengandung senyawa belerang. Bila bereaksi dengan peralatan perak, senyawa ini akan menciptakan perak sulfida atau lapisan gelap yang ditemukan pada peralatan perak yang sudah lama tidak digunakan.  

Baca juga: 4 Bahan yang Aman untuk Membersihkan Noda pada Peralatan Makan Perak

Kelembapan ini juga dapat memicu reaksi kimia. Itulah sebabnya perak lebih cepat pudar di area lembap. Dengan menyimpan peralatan perak di tempat sejuk, kering, serta jauh dari sinar matahari, dapat membantu mengurangi noda.

Dilansir dari Martha Stewart, Jumat (4/3/2022), noda ringan pada peralatan perak sering kali dapat dihilangkan hanya dengan mencucinya menggunakan air hangat dan cairan pencuci piring, lalu mengelapnya hingga kering dengan kain lembut. 

Baca juga: Cara Membersihkan Sendok Perak Kembali Berkilau dengan Bahan Alami

Selain itu, bisa pula membersihkannya dengan kin pembersih perak yang dibuat khusus. Namun, metode termudah adalah menggunakan baking soda dan garam.

Kedua bahan ini membantu membalikkan reaksi kimia dengan mengangkat dan memindahkan belerang dari peralatan perka dan ke panci aluminium.

Berikut trik membersihkan noda pada peralatan perak. 

Baca juga: 4 Alasan Berhenti Memakai Warna Emas dan Perak di Rumah Menurut Ahli

Bahan dan alat yang dibutuhkan 

Baca juga: Tips Membersihkan Perhiasan Emas dan Perak, Bisa Pakai Sabun Cuci Piring

Cara membersihkan 

1. Isi panci aluminium (atau wadah yang dilapisi dengan aluminium foil) dengan air panas, lalu tambahkan garam dan setengah atau satu cangkir baking soda, dan aduk rata hingga semua bahan larut.

2. Reaksi kimia akan terjadi, yang akhirnya menghilangkan noda pada peralatan perak. Pastikan melakukan metode pembersihan ini di area berventilasi,

3. Bilas dan keringkan peralatan perak dengan kain kering bersih. Setelah itu, gosok peralatan dengan semir perak untuk menghilangkan belerang sulfida yang tersisa. Para ahli merekomendasikan menggunakan cat komersial berkualitas baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com