Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Aman Melindungi Bangunan Rumah dari Ancaman Rayap

Kompas.com - 27/02/2022, 08:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rayap memiliki reputasi buruk atas kerusakan yang ditimbulkan pada rumah. Meski tidak membahayakan orang atau hewan peliharaan, rayap bisa menjadi ancaman nyata jika tidak segera dihentikan. 

Rayap menggerogoti struktural kayu dan perlengkapan kayu internal rumah sehingga menyebabkan kerusakan mahal. 

Baca juga: 8 Tips Membasmi Berbagai Hama di Rumah, dari Kecoak sampai Rayap

Cara terbaik melindungi rumah dari ancaman rayap adalah mengatasi masalah pada tahap pra-konstruksi serta memastikan rumah memiliki perlindungan yang terbukti lama setelah Anda pindah. 

Saat membangun rumah baru, penting meneliti setiap detail. Ada banyak sistem manajemen rayap yang tersedia untuk rumah baru, tapi tidak semua perlindungan rayap sama.

Dikutip dari New Homes Guide, Minggu (27/2/2022), berikut beragam tips melindungi bangunan rumah dari ancaman rayap. 

Baca juga: 3 Tanaman yang Mampu Mengusir Rayap dari Rumah

Gunakan termimesh 

Ilustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah. SHUTTERSTOCK/PLEW KOONYOSYING Ilustrasi rayap, rayap menyerang kayu di rumah.
Termimesh menawarkan perlindungan rayap teraman di pasaran. Termimesh adalah penghalang rayap fisik stainless steel yang melindungi rumah dan bangunan baru.

Sistem ini merupakan instalasi sekali pakai yang dibangun ke dalam rumah selama konstruksi serta memblokir titik masuk rayap yang tersembunyi.

Terbuat dari baja tahan karat TMA725 kelas ultra laut, eksklusif untuk Termimesh, lubang jaring terlalu kecil dan sulit untuk ditembus rayap, bahkan dikunyah.

Termimesh bebas racun atau tidak mengandung bahan kimia sehingga aman untuk keluarga, hewan peliharaan, dan lingkungan.

Memilih sistem manajemen rayap

Sebelum memilih solusi rayap terbaik untuk rumah, pastikan memahami sedikit tentang rayap. Rayap aktif di semua wilayah dan berada di bawah tanah.

Ini berarti rayap tinggal di bawah tanah dan dapat memasuki rumah melalui area yang tidak terlindungi seperti rongga dinding serta sekitar pipa servis. Jadi, area ini harus dilindungi oleh sistem yang dipilih.

Ada tiga jenis utama perlindungan rayap, yakni penghalang rayap fisik, perawatan rayap kimia, serta rangka atap dan dinding tahan rayap. 

Baca juga: Perlukah Mengganti Kusen Pintu yang Dimakan Rayap?

Hambatan fisik

Ilustrasi rayap.SHUTTERSTOCK/BEJITA Ilustrasi rayap.
Penghalang rayap fisik dipasang selama tahap konstruksi bangunan. Penghalang dipasang di sekeliling dinding rumah serta sekitar pipa ledeng dan pipa listrik yang masuk melalui pelat.

Tujuan dari penghalang rayap fisik adalah memblokir titik masuk tersembunyi rayap dari tanah sehingga mencegah akses rayap ke rumah.

Hambatan kimia

Penghalang rayap kimia umumnya merupakan termitisida cair yang disemprotkan di bawah fondasi atau sekeliling luar rumah.

Penghalang rayap kimia hanya dapat bertahan dalam waktu singkat sehingga perlu diterapkan kembali secara teratur. 

Baca juga: 6 Tips Mencegah Rayap Bersarang di Dapur

Rangka rumah tahan rayap

Rangka atap dan dinding tahan rayap umumnya terbuat dari baja atau kayu olahan. Meski dapat membantu mencegah kerusakan rayap pada struktur, penting mengeksplorasi metode tambahan perlindungan rayap.

Sebab, rayap dapat menyerang perlengkapan internal di rumah seperti papan lantai, alas, bingkai jendela, lemari dapur, dan kamar mandi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com