Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanda Kucing Mencintai dan Memiliki Ikatan dengan Pemiliknya

Kompas.com - 20/02/2022, 12:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan anjing, kucing tidak menunjukkan kasih sayang kepada pemiliknya. Meski demikian, bukan berarti kucing tidak mencintai dan mempercayai pemiliknya serta orang sekitarnya. 

 

Rasa cinta dan kepercayaan kucing kepada pemiliknya ditunjukkan lewat perilakunya sehari-hari. 

Dilansir dari Cuteness, Minggu (20/2/2022), berikut ini beberapa tanda kucing mencintai dan sudah terikat dengan pemiliknya. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Suka Mengeong Berlebihan 

Ekor tanda tanya

Kucing yang sudah terikat dengan pemiliknya bisa dilihat dari bentuk ekornya. Perhatikan posisi ekornya. Apakah ekornya lurus ke atas?

Ketika ekor kucing lurus ke atas atau dalam posisi tanda tanya, sahabat bulu menunjukkan kasih sayang. Begitu pun, saat ekor kucing dalam posisi lurus ke atas dan sedikit bergetar, kemungkinan besar Anda adalah manusia kesayangan kucing. 

Baca juga: Mengapa Kucing Tidak Merespons Saat Namanya Dipanggil?

Kucing memperlihatkan perutnya

Kenapa kucing tidak suka dipegang perutnya adalah karena area tersebut sangat sensitif. Di balik kulit perut tersebut terdapat organ-organ penting kucing yang jika mengalami kerusakan berpotensi fatal.PIXABAY/JIM BLACK Kenapa kucing tidak suka dipegang perutnya adalah karena area tersebut sangat sensitif. Di balik kulit perut tersebut terdapat organ-organ penting kucing yang jika mengalami kerusakan berpotensi fatal.

Salah satu tanda kucing mencintai pemiliknya adalah kucing memperlihatkan perutnya kepada Anda. Di alam liar, sangat rentan bagi kucing memperlihatkan perutnya karena itu adalah tempat empuk bagi predator untuk menyerang.

Jika kucing berguling telentang dan memperlihatkan perutnya di sekitar Anda, ini menandakan bahwa kucing mempercayai Anda.

Namun, tetap berhati-hati hanya karena kucing menunjukkan perutnya, bukan berarti ia ingin Anda mengelusnya. Sebab, kebanyakan kucing tidak menyukai perutnya dielus dan hal ini bisa membuat kucing marah. 

Baca juga: Bisakah Kucing Mengerti Bahasa Manusia? Ini Penjelasan Ilmiahnya 

Kucing meninggalkan aromanya pada Anda

Kucing menggosok wajahnya kepada orang dan objek yang ingin mereka tandai dengan aromanya. Seekor kucing menandai orang dan benda dengan aromanya ketika ingin menjadikan mereka sebagai bagian dari zona amannya.

Saat kucing menggosokkan wajahnya kepada Anda, itu pertanda bahwa kucing mempercayai Anda. Ketika kucing bergesekan dengan Anda, dia meninggalkan feromonnya pada Anda sehingga memberi tahu kucing lain bahwa Anda miliknya.

Kucing saling merawat untuk memperkuat ikatan mereka. Jika kucing merawat Anda, dia menandai Anda dengan aromanya dan menunjukkan betapa dia mempercayai Anda. 

Baca juga: 6 Cara Mengusir Kucing Liar yang Selalu Datang ke Rumah 

Memberi "ciuman" kucing 

Ilustrasi kucing ketakutanSHUTTERSTOCK/Chendongshan Ilustrasi kucing ketakutan
"Ciuman" kucing adalah kedipan panjang dan lambat sambil menatap mata Anda. Anda mungkin melihat kucing peliharaan mengedipkan mata secara perlahan saat berada di dekatnya.

Kucing peliharaan juga membalas "ciuman" kucing jika Anda memberikannya. "Ciuman" kucing adalah salah satu tanda bahwa kucing mencintai pemiliknya. 

Baca juga: Mengapa Kucing Tidak Suka saat Perutnya Dielus atau Dipegang?

Kucing meremas atau menginjak-injak dengan kakinya

Meremas adalah perilaku alami kucing. Anak kucing sering meremas sang induk saat menyusui. Kucing dewasa yang meremas ingin menunjukkan bahwa mereka merasa nyaman.

Anda mungkin melihat kucing meremas-remas saat Anda mengelusnya atau saat ia duduk untuk tidur siang di tempat favoritnya. Saat kucing meremas Anda, ini menandakan bahwa kucing mencintai dan mempercayai Anda. 

Baca juga: Bagian Tubuh Kucing yang Boleh dan Tidak Boleh Disentuh

Mendengkur 

Jika kucing mendengkur saat Anda mengelusnya, meringkuk di pangkuan Anda, atau saat ia duduk di dekat Anda, ini menunjukkan bahwa kucing peliharaan merasa nyaman dan mencintai Anda. 

Namun, penting diperhatikan bahwa mendengkur juga bisa menjadi tanda bahwa kucing mengalami kesakitan. Apabila merasa kucing kesakitan, segera bawa ke dokter hewan untuk memastikan keadaannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com