Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Benci, Ini Alasan Kucing Suka Menggigit Jari Pemiliknya

Kompas.com - 16/02/2022, 22:35 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Seringkali kucing tiba-tiba menggigit bagian tubuh kita seperti kaki ataupun jari tangan. Kebiasaan ini dapat menjadi tanda perilaku pada kucing, entah itu perilaku yang baik ataupun menunjukkan kemarahan.

Seringkali gigitan diasosiasikan sebagai kemarahan atau kebencian, namun tidak semua gigitan kucing memiliki arti demikian.

Gigitan juga bisa berarti tanda kucing saat akan menunjukkan kasih sayang kepada pemiliknya.

Melansir dari Alpha Paw, Rabu (16/2/2022), berikut ini adalah beberapa penyebab kucing menggigit jari manusia dan arti dibalik jenis gigitannya.

Baca juga: Kucing Suka Mengeluarkan Suara Mirip Kicauan Burung, Apa Sebabnya?

Ketahui penyebab kucing menggigit jari

Ilustrasi gigitan kucing Ilustrasi gigitan kucing

Ada beberapa penyebab yang membuat kucing menggigit jari manusia. Untuk mengetahui hal ini sebaiknya perhatikan tingkah laku kucing, apa yang sedang kalian lakukan dan kebiasaan yang biasa kalian lakukan berdua. Dengan begitu kamu tahu apa yang menyebabkan kucing menggigit jarimu.

Salah satu penyebab kucing menggigit jari manusia adalah karena ia sedang mencoba untuk menarik perhatianmu. Jika kamu mencoba mengabaikannya, ia akan melakukan segala cara termasuk menggigit tubuhmu.

Baca juga: Apa Efek Suara Keras untuk Kucing?

Selain itu, ia mungkin juga akan menggigit jarimu saat kalian sedang bermain bersama. Saat bermain bersama dengan kucing lain pun kucing cenderung suka menggigit dan menjilat. Hal inilah yang ia lakukan kepadamu saat kamu bermain dengannya.

Jika kucing terlalu keras saat menggigit atau bahkan mulai mencakar, segera jauhi kucing. Ini merupakan sinyal kepada kucing jika ia bermain terlalu berlebihan dan kasar sehingga kamu terluka.

Baca juga: Tips dan Trik Merawat Kucing Berbulu Panjang

Jenis gigitan kucing dan artinya

Kebiasaan kucing menggigit kaki dapat mengganggu tidur kita.SHUTTERSTOCK/CHOMPHUPHUCAR Kebiasaan kucing menggigit kaki dapat mengganggu tidur kita.

Saat kucing hanya menggigit dengan lembut, ini dapat berarti kucing sedang menunjukkan kasih sayang dan rasa suka terhadap seseorang.

Biasanya gigitan ini terasa menggelitik dan tidak sakit. Perilaku ini biasa mereka pelajari dari ibu kucing yang menggigit anak kucing dengan lembut terutama saat membersihkan bulu anak kucing.

Jika kamu tidak begitu nyaman dengan perilaku kucing ini, kamu bisa menghindarinya atau mendorong kepalanya dengan lembut.

Baca juga: Ketahui, Ini Jumlah Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Setiap Kucing

Sebaiknya jangan memarahi atau mendorong kucing dengan keras, karena ia mungkin mengira kamu tidak menyukainya.

Jika gigitan kucing menyebabkan luka atau terlalu sakit, ini mungkin bukan gigitan tanda cinta. Bisa jadi kamu membuatnya kesal dengan terlalu sering memeluknya dengan kuat karena geram.

Terlalu banyak bermain atau berpelukan dapat membuat kucing Anda stres dan menggigit adalah caranya untuk mengatakan, "berhenti."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com