Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Membuat Kucing Peliharaan Suka Tidur dengan Pemiliknya

Kompas.com - 13/02/2022, 20:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing peliharaan memiliki beberapa tempat tersembunyi di dalam rumah untuk tidur dan meringkuk.  

Akan tetapi, dilansir dari Cuteness, Minggu (13/2/2022), ada beberapa kucing peliharaan yang menyukai tidur bersama pemiliknya di tempat tidur pada malam hari. Rupanya, hal ini dilakukan kucing dengan beragam alasan. 

Nah, berikut ragam hal yang membuat kucing suka tidur di samping pemiliknya. 

Baca juga: 6 Tips Merawat Bulu Kucing agar Sehat dan Tidak Rontok

Tempat tidur nyaman 

Tutupi sofa dengan handuk atau kain agar kucing tak lagi menggaruk permukaan sofa.Unsplash/Paul Hanaoka Tutupi sofa dengan handuk atau kain agar kucing tak lagi menggaruk permukaan sofa.
Kucing tidur hingga 15 jam sehari sehingga kemungkinan besar sahabat bulu akam tidur siang di setiap sudut rumah Anda.

Semua latihan tidur itu telah mengajarinya bagian mana dari rumah Anda yang paling nyaman dan tempat tidur Anda muncul pada urutan teratas. Semua seprai lembut dan selimut ekstra di tempat tidur membuat kucing nyaman. 

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Ketika Kucing Peliharaan Sudah Menua

Anda memancarkan panas

Kucing suka meringkuk di tempat hangat seperti di atas cucian yang baru keluar dari pengering atau di bawah sinar matahari saat jendela terbuka.

Suhu tubuh rata-rata kucing adalah 35 derajat Celsius. Ketika suhu lingkungan hangat, mudah untuk kucing mempertahankan tingkat suhu ini. 

Namun, ketika suhu udara turun, tubuh kucing harus bekerja lebih keras dan membakar lebih banyak kalori untuk mempertahankan suhu tubuh yang tepat.

Tidur dengan pemiliknya adalah cara terbaik bagi kucing untuk mengistirahatkan tubuhnya. Dengan menyerap panas tubuh Anda, dia bisa tetap hangat dengan sedikit usaha. 

Baca juga: Kucing Jantan Mudah Bosan dengan Makanannya, Harus Bagaimana? 

Menunjukkan cinta

Ilustrasi kucing tidurUnsplash/Milada Vigerova Ilustrasi kucing tidur
Sama dengan anjing, kucing mencintai orang-orang sekitarnya. Tidur denga pemiliknya merupakan salah satu cara kucing menunjukkan kasih sayang kepada Anda.

Kucing yang selalu tidur dengan Anda ingin mennjukkanbahwa dia suka berada bersama Anda dan menikmati pelukan. 

Baca juga: Bukan Mistis, Ini Alasan Mata Kucing Bersinar Saat Kondisi Gelap

 

Merasa tempat tidurnya

Saat mempelajari alasan kucing ingin tidur di tempat tidur bersama Anda, kucing mungkin mencoba mencari tahu mengapa manusianya ingin tidur di ranjang bersamanya.

Kucing adalah binatang teritorial dan tidak malu-malu untuk mengoleskan aroma mereka ke barang-barang yang mereka miliki, termasuk Anda dan tempat tidur Anda. Ada kemungkinan bahwa dalam pikiran kucing, Anda sedang tidur di tempat tidurnya. 

Baca juga: Ragam Penyebab Kucing Suka Duduk di Tumpukan Pakaian Kotor, Normalkah?

Keamanan 

Kucing dengan demensia akan mengalami perubahan siklus tidur, seperti selalu terjaga setiap malam dan tertidur sepanjang hari.UNSPLASH/ERIK-JAN LEUSINK Kucing dengan demensia akan mengalami perubahan siklus tidur, seperti selalu terjaga setiap malam dan tertidur sepanjang hari.
Kucing tidur di sebelah pemiliknya karena merasa aman. Meski menjalani kehidupan yang baik di dalam ruangan, kucing tidak melupakan naluri liarnya.

Naluri itu memberitahunya bahwa menurunkan kewaspadaannya saat tidur bisa membuatnya terbunuh. Sebagai tindakan pengamanan, kucing memilih untuk tidur bersama pemiliknya. 

Baca juga: Bukan Mistis, Ini Alasan Mata Kucing Bersinar Saat Kondisi Gelap

Haruskah tidur bersama kucing?

Secara umum, keputusan berbagi tempat tidur dengan kucing atau tidak adalah keputusan pribadi. Beberapa orang tidur lebih nyenyak dengan kucing peliharaan mereka.

Sedangkan beberapa orang merasa terganggu tidur bersama kucing peliharaan karena sahabat bulu cenderung bangun pada malam hari dan pergi berkeliaran. 

Namun, hindari tidur bersama kucing peliharaan bila Anda memiliki alergi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com