Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2022, 13:40 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Baju yang terlihat kusam dan lusuh tentunya bikin kita tak percaya diri saat mengenakan pakaian tersebut. Terlebih jika itu adalah pakaian favorit Anda atau setiap hari digunakan.

Menjaganya tetap terlihat rapi dan seperti baru adalah hal yang dilakukan agar Anda merasa percaya diri saat memakainya.

Namun untuk menjaganya pakaian seperti baru, dibutuhkan perawatan pakaian yang tepat. Melansir dari In The Wash pada Kamis (03/02/2022) berikut tips agar pakaian selalau terlihat seperti baru.

Baca juga: 7 Trik Melipat Pakaian Jadi Lebih Mudah dan Cepat

Cuci dengan air dingin

Mencuci pakaian dengan air hangat memang memiliki manfaat. Mislanya, dapat membantu menghentikan bau pakaian, jamur dan menghilangkan noda kotor secara menyeluruh.

Tapi, mencuci pakaian dengan air hangat hanya boleh dilakukan apabila pakaian tersebut sangat kotor dan bau.

Namun, mencuci pakaian dengan air dingin selain ramah lingkungan, lebih irit listri, tapi juga membuat pakaian lebih awet dan benang pakaian pun akan lebih tahan lama.

Baca juga: 5 Cara Menata Lemari Pakaian Bayi agar Tetap Rapi dan Terorganisir

Cuci pakaian luar dalam

Penting untuk mencuci pakaian dari sisi dalam ke luar. Sebab, bagian terpenting dari pakaian Anda adalah bagian luarnya, jadi tampaknya logis untuk melindunginya dari intensitas mesin cuci. Terutama jika pakaian Anda memiliki manik-manik, bordir, dan detail rumit lainnya.

Mencerahkan dengan cuka bukan pemutih

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / mariakray Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Jika selama ini Anda memutihkan pakaian yang kotor dengan pemutih, maka segeralah beralih ke cuka. Selain lebih ramah lingkunngan, cuka juga memiliki manfaat yang sama bakhan bekerja lebih baik.

Sedangkan pemutih klorin dapat menghilangkan serat halus pada pakaian dan membuatnya cepat aus.

Baca juga: Hindari Menyatukan Jenis Pakaian Ini Saat Mencuci

Baca petunjuk perawatan

Sebelum mencuci barang apa pun, baca labelnya! Ini akan memberi tahu Anda cara mencuci barang tersebut dan bahkan pengaturan apa yang harus digunakan untuk mencucinya.

Simpan pakaian dengan cara yang benar

Jika Anda menyimpan beberapa pakaian Anda di dalam kotak plastik atau bahkan membungkusnya dengan kantong plastik, ini bisa menyebabkan pakaian Anda kehilangan estetikanya dan membuatnya jadi cepat kusam.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Lemari Pakaian yang Lembap dan Berjamur

 

The Laundry Station mengatakan bahwa plastik terurai seiring waktu dan dapat berinteraksi dengan kain yang melemahkan atau mengubah warna.

Menyimpan pakaian Anda dalam plastik juga dapat terperangkap dalam kelembapan yang dapat menyebabkan pakaian Anda berbau jamur. Sebagai gantinya, gunakan kapas atau kain.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com