Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Kucing Suka Berputar-putar Sebelum Tidur

Kompas.com - 10/01/2022, 14:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKucing memiliki banyak perilaku unik, salah satunya akan berputar sebelum rebahan dan tertidur. Kucing tidak akan langsung meregangkan tubuh dan bersantai di tempat tidur miliknya maupun sofa

Melansir VCA Hospitals, Senin (10/1/2022), perilaku yang dilakukan kucing ini memiiki banyak alasan. Apa saja? Berikut alasa kucing sering berputar-putar dulu sebelum tidur.

Baca juga: 3 Alasan Kucing Senang Bermain Gulungan Benang, Amankah?

Menjaga suhu tubuh

Ilustrasi kucing tidur, kucing sedang tidur.UNSPLASH/SABRI TUZCU Ilustrasi kucing tidur, kucing sedang tidur.

Di alam liar, kucing tidak bisa mengontrol iklim menggunakan termostat. Saat cuaca dingin, kucing akan menggulung tubuhnya seperti bola agar tetap hangat.

Semakin erat kucing meringkuk, semakin hangat tubuhnya. Selain itu, kucing lain dalam satu kelompok yang sama akan berkumpul dalam lingkaran yang rapat untuk saling berbagi panas tubuh. 

Hal yang sama juga dilakukan saat cuaca sangat panas. Kucing akan menggaruk tanah untuk membersihkan tanah dan rumput yang menyimpan dan memancarkan kehangatan matahari.

Adapun perilaku itu dilakukan untuk membuat titik tempatnya akan rebahan menjadi lebih dingin. Di iklim panas atau dingin, kucing mengoptimalkan alasan biologis untuk berputar sebelum tidur.

Baca juga: Tips Memilih Ras Kucing yang Cocok Dipelihara Berdasarkan Zodiak

Waspada terhadap pemangsa

Selain menjaga suhu tubuh, kucing di alam liar juga selalu waspada terhadap pemangsa. Kucing memposisikan diri dengan cara paling menguntungkan untuk mencermati area sekitar.

Sahabat bulu akan berputar hingga memposisikan tubuh berdasarkan pola angin sehingga memungkinkan baginya untuk segera mengetahui aroma penyusup. 

Menciptakan area tidur yang aman

Ilustrasi kucing tidur, kucing sedang tidur.PIXABAY/FRANZ W. Ilustrasi kucing tidur, kucing sedang tidur.

Kebiasaan berputar sebelum tidur dilakukan kucing beertujuan menemukan penghuni yang tidak diinginkan seperti ular atau serangga yang mematikan.

Lebih lanjut, mengubah tata letak suatu area dengan memindahkan daun atau rumput dilakukan untuk memberi tanda kepada kucing liar lainnya bahwa area tersebut sudah diambil.

Secara efektif, kucing menciptakan area tidur yang aman dengan berputar dan merapikan tempat tidurnya.

Baca juga: Kenali, Ini Penyebab dan Tanda Kecemasan pada Kucing

Benarkah ritual berputar membuat kucing nyaman?

Kucing di alam liar tidak bisa menikmati barang istimewa seperti kasur dan bantal. Untuk itu, kucing menciptakan sendiri kasurnya di alam.

Guna membuat tempat tidur semakin nyaman, kucing akan menepuk rumput tinggi serta memindahkan semak berduri, ranting, dan bebatuan sebelum rebahan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com