Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda Urine dan Kotoran Hewan Peliharaan Pakai Cuka

Kompas.com - 08/01/2022, 15:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan di dalam rumah, berarti siap untuk mendapati beberapa area yang terkena urine, muntahan, ataupun kotoran.

Dalam upaya untuk menggunakan produk alami yang aman untuk hewan peliharaan, lingkungan, dan keluarga, Anda mungkin telah mempertimbangkan untuk menghilangkan noda hewan peliharaan dengan cuka.

Namun, apakah ini solusi pembersihan yang efektif? Melansir dari Love to Know, Sabtu (8/1/2022) jawabannya ya, sebab sifat asam cuka bagus untuk menyingkirkan bakteri dan menghilangkan noda dan bau hewan peliharaan. 

Baca juga: Cara Mencegah Kutu Hinggap di Tubuh Hewan Peliharaan

Ilustrasi cuka putih. Cuka putih dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. PIXABAY/NATUREFRIEND Ilustrasi cuka putih. Cuka putih dapat digunakan sebagai pupuk tanaman.

Cuka adalah pembersih yang efektif untuk menghilangkan noda hewan peliharaan (yang disebabkan dari urine atau lainnya), tetapi tetap penting untuk merawat noda tersebut sesegera mungkin.

Semakin lama Anda membiarkannya, semakin besar kemungkinannya untuk mengeras. 

Pembersih cuka dasar

Untuk membuat larutan pembersih cuka, Anda memerlukan satu liter air hangat, satu cangkir cuka putih, dan botol semprotan.

Setelahnya, campurkan larutan tersebut menjadi satu, dan uji larutan cuka pada permukaan yang akan dibersihkan untuk memeriksa ketahanan luntur warna.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Oleh Pemilik Hewan Peliharaan

Meskipun cuka adalah produk alami, beberapa kain dapat bereaksi terhadapnya dan menyebabkan noda ringan. Uji larutan pembersih Anda di area tersembunyi dan terpencil. Jika noda ada di karpet, sudut cocok untuk ini.

Langkah-langkah menghilangkan noda hewan peliharaan dengan cuka 

Jenis noda yang Anda tangani mungkin memerlukan langkah yang berbeda, tetapi biasanya akan memiliki proses seperti berikut ini. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com