Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2022, 16:57 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Aquascape adalah hobi yang banyak digemari karena kamu bisa membawa tampilan ekosistem estetik pada akuariummu. Beberapa desain landscape yang populer adalah landscape bawah laut, hutan dan sabana.

Untuk menciptakan tampilan aquascape yang cantik, tentunya beberapa elemen diperlukan seperti ikan hias, jenis tanaman dan juga substrat.

Substrat merupakan dasar pada aquascape yang digunakan sebagai media tanam dan dekorasi pada akuarium. Beberapa jenis substrat yang sering digunakan adalah tanah, pasir, batu dan juga kayu.

Melansir dari Aquascaper, Sabtu (1/1/2022), berikut ini manfaat substrat untuk tanaman di akuarium.

Baca juga: 4 Manfaat Aquascape untuk Ikan dan Air di Akuarium

Pendukung tanaman

Jenis substrat akuarium yang paling baik adalah yang memiliki tekstur halus dan padat. Selain itu dalam pemilihan substrat untuk tanaman, sebaiknya jenis substrat bisa mengatur nutrisi dan membantu penetrasi akar tanaman.

Untuk itu sebaiknya kamu berhati-hati dengan jenis substrat yang kamu pilih untuk akuariummu.

Agar akar tanaman dapat menempel dengan kuat, disarankan untuk memilih substrat dengan ukuran 2,5mm.

Baca juga: 5 Jenis Alga pada Aquascape dan Cara Membasminya

Penjaga tanaman

Kompas.com / Kiki Safitri Kiki Safitri Kompas.com / Kiki Safitri

Sekarang ini sangat mudah menemukan substrat siap pakai di toko peralatan akuarium. Kamu bisa membeli substrat dan langsung menuangkannya ke dalam tangki akuarium. Substrat sudah mengandung nutrisi yang diperlukan tanaman untuk hidup dan berkembang.

Namun, sama seperti tanaman dalam pot, lama kelamaan substrat akan kehabisan cadangan nutrisinya.

Untuk itu sebaiknya pengurasan kolam dan penggantian substrat diperlukan. Pencipta gaya aquascape alamai, Takashi Amano menyarankan untuk mengganti ADA Aquasoil 1 kali setahun

Baca juga: 7 Jenis Ikan Pemakan Alga untuk Menjernihkan Aquascape

Menciptakan keseimbangan kimia

Masing-masing jenis substrat memiliki sifat yang berbeda-beda pula. Beberapa jenis substrat dapat secara aktif dan langsung bekerja mempengaruhi PH dan KH (carbonate hardness), seperti tanah, gambut, fluorit, koral hancur dan lain-lain. Namun untuk substrat jenis kerikil, pasir dan tanah liat, mereka aktif lebih lambat.

Membuat tampilan lebih estetik

Substrat akuarium memiliki banyak variasi, bentuk, warna dan komposisi mulai dari yang terlihat alami hingga terlihat lebih hidup dan berwarna cerah.

Baca juga: 5 Rekomendasi Tanaman Aquascape

 

Kamu bisa menggunakan jenis substrate sesuai dengan ukuran akuarium mu, sebaiknya gunakan substrat ukuran kecil pada akuarium yang berukuran kecil.Substrat yang terlihat alami akan membuat tampilan akuarium mu semakin estetik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com