Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Lantai yang Cocok untuk Area di Luar Rumah

Kompas.com - 27/12/2021, 16:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Houzz

JAKARTA, KOMPAS.com - Area luar rumah sama pentingnya dengan di dalam rumah. Balkon, teras, atau patio yang dirancang dengan baik dapat menciptakan koneksi luar-dalam yang cemerlang serta berubah menjadi tempat yang bagus untuk bersantai atau menjamu tamu.

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi tampilan luar rumah adalah lantai. Desain lantai memainkan peran kunci dalam keindahan ruang luar. 

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Saat Ingin Menanam Buah dan Sayur di Balkon

Ada beragam desain ubin luar ruangan yang tersedia dan hadir dengan kualitas yang ditingkatkan seperti kekuatan, daya tahan, tampilan yang bagus, antislip, serta tidak pudar saat terkena sinar matahari langsung.

Dilansir dari Houzz, Senin (27/12/2021), berikut beberapa jenis lantai untuk area di luar rumah yang dapat menjadi pilihan. 

Baca juga: 5 Tips Ciptakan Teras Rumah Minimalis Bernuansa Zen 

Lantai porselen

Ilustrasi balkon rumah.SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi balkon rumah.
Lantai atau ubin porselen terbuat dari bahan berbasis tanah liat yang dibakar pada suhu sangat tinggi.

Proses ini membuat ubin porselen memiliki tekstur keras, padat, sangat tahan lama, tidak berpori, serta tahan lembap sehingga menjadi pilihan yang baik untuk area outdoor.

Ubin ini tersedia dalam berbagai ukuran, warna, desain, juga tekstur. Pilih lantai porselen antiselip dengan hasil akhir yang kasar.  

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Cocok Ditanam di Teras Rumah

Lantai batu alam

Tidak ada yang mengalahkan keindahan perdesaan batu alam. Lantai ini dengan mudah menambahkan warna, tekstur, kehangatan, serta sangat tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem. 

Sesuai dengan namanya, lantai batu alam dibuat dengan batu alam seperti granit, marmer, batu tulis, dan travertine yang dipotong dengan mesin menjadi ubin persegi atau persegi panjang standar.

Menjadi bahan alami, lantai batu alam hadir dengan pola butiran alami sehingga tidak ada dua ubin yang terlihat sama. Perhatikan bahwa batu alam sangat berpori dan perlu dilapisi dengan benar. 

Baca juga: 4 Cara Melindungi Balkon Rumah dari Paparan Air Hujan 

Lantai semen

Lantai semen menjadi kanvas yang membawa warna, pola, dan tampilan warisan yang indah ke teras. Ubin lantai luar ruangan juga dikenal sebagai ubin semen encaustic, merupakan ubin kerajinan tangan, dan hadir dengan pola rumit yang menambahkan elemen seni ke ruang mana pun.

Sangat penting untuk menutup ubin lantai semen luar ruangan agar tahan terhadap noda, tidak memudar, serta mencegah kelembapan menembus lantai.  

Baca juga: 6 Jenis Lantai Terbaik untuk Ruang Bawah Tanah yang Sesuai Kebutuhan

Lantai terakota

Masukkan kehangatan organik ke luar ruangan dengan ubin terakota. Memiliki tampilan  dalam nuansa cokelat kemerahan membuat lantai terakota memberikan daya tarik bersahaja yang melengkapi alam luar yang hijau.

Ubin terakota sangat berpori sehingga memiliki daya tahan lama. Perlakukan ubin terakota dengan sealant penetratif yang dapat melindunginya dari noda, penyerapan air, kelembapan, dan pertumbuhan jamur

Baca juga: 7 Tips Memilih Lantai Dapur Terbaik, dari Anggaran sampai Lokasi Rumah 

Paver kayu

Ilustrasi teras kecil di rumah. SHUTTERSTOCK/AVIGATOR FORTUNER Ilustrasi teras kecil di rumah.
Elemen kayu melengkapi alam bebas dan menyatu secara alami dengan tanaman hijau. Ubin lantai luar ruangan ini tersedia dalam kayu alami dan dalam WPC (komposit plastik kayu).

Pever kayu tidak hanya memberikan kehangatan dan efek bertekstur yang kaya, tetapi juga memberikan tampilan modern kelas atas ke area luar ruangan.

Paver kayu juga dapat ditempatkan langsung di atas beton atau permukaan datar lainnya. Namun, penting untuk menggunakan kayu yang berkualitas untuk pavers dan merawatnya agar tahan rayap dan sealant yang tepat sebelum pemasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com