Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Warna Cat Biru Langit Bisa Memberi Ketenangan?

Kompas.com - 12/12/2021, 19:09 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan warna cat yang tepat di dalam ruangan dapat memberikan dekorasi ruangan yang lebih menarik dan suasana lebih nyaman.

Selain dari segi estetika, pemilihan warna cat pada ruangan juga dapat berdampak pada psikologi si pemilik rumah. 

Baca juga: 7 Warna Cat Klasik yang Terus Digunakan Penghuni Rumah sampai Sekarang

Hal ini dipaparkan Reza Gunawan, holistic health practitioner, dalam acara peluncuran Colour of the Year yang dilangsungkan baru-baru ini dilaksanakan.

"Tidak hanya kesadaran dari dalam, faktor luar yang mengelilingi kita juga dapat turut membantu penyembuhan diri, salah satunya warna," ujar Reza, Minggu (12/12/2021)

Reza mengatakan, saat seseorang dikelilingi warna-warna tepat, pikiran dan suasana akan turut terpengaruh menjadi lebih rileks, tenang, dan damai. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Dapat Digunakan untuk Membuat Kamar Tidur Nyaman

Ia juga menjelaskan, jika ada terapi warna yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Terapi warna dapat memberikan asupan untuk pancaindera sehingga seseorang mendapatkan kesehatan lahir dan batin. 

"Terapi warna ini bisa dilakukan secara dua jalur, yakni luar ke dalam dan dalam ke luar. Ketika seseorang melihat pemandangan indah, akan memberikan perasaan tersendiri," ungkap Reza.

Untuk jalur pertama, pada umumnya, seseorang akan sadar ketika melihat warna cat pada ruangan untuk pertama kalinya, tapi lama-kelamaan secara tidak sadar orang tersebut akan menikmatinya.

Sedangkan, untuk jalur kedua, seseorang melatih kepekaan batin melalui panca indera untuk kembali mengenalnya sebagai sesuatu yang baru. 

Baca juga: 4 Warna Cat Rumah yang Cocok untuk Menyambut 2022 

Warna biru dapat memberikan kenyamanan

Lantas, warna apa yang bagus untuk memberikan kenyamanan dalam ruangan?

Mande Austriono, arsitek sekaligus pemilik DFORM, menjelaskan, salah satu warna yang dapat memberikan kenyamanan adalah biru langit, yang juga merupakan salah satu alam. 

Biru langit dapat meredakan gelisah, detak jantung, dan kecemasan. "Warna biru dianggap warna dengan perasaan kenyamanan, kelapangan, teduh, terang, tapi damai," jelas Mande. 

Untuk itu, biru langit cocok diaplikasikan pada segala ruangan seperti ruang kerja, kamar tidur, ruang tamu, atau ruang keluarga. 

Baca juga: 7 Tips Memilih Warna Cat yang Tepat untuk Setiap Ruangan di Rumah

Mande menjelaskan, biru terang juga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan berbagai warna lainnya. 

"Memadupadankan biru menjadi kunci yang dapat memberikan suasana hati yang baik bagi seseorang. Ketika ingin mengombinasikan dengan warna lainnya, lihat terlebih dahulu aktivitas yang dilakukan pada dalam ruangan tersebut," jelas Mande. 

Ketika ingin memberikan suasana lebih lapang pada ruangan, Mande merekomendasikan memadukan dengan warna lainnya seperti putih serta warna-warna pastel. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna Cat untuk Kamar Tidur Remaja

Lebih lanjut, kata Mande, biru langit juga dapat diaplikasikan di rumah yang dihuni oleh lansia karena dapat memberikan kenyaman dan perasaan damai.

"Kuncinya satu adalah memadukan demgan warna lainnya karena jika dicat dengan satu warna akan memberikan kebosanan, tapi ketika dipadupadakan akan memberikan nilai lebih dalam suatu ruangan," tutup Mande. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com