Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini 5 Tips Memilih Warna Cat Eksterior Rumah

Kompas.com - 25/11/2021, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna eksterior rumah yang tepat bisa menjadi sebuah tantangan. Cat mengatur nada untuk sebuah rumah.

Hal itu bisa meningkatkan daya tarik rumah dan membuat pembeli tertarik dan bersemangat menjelajah rumah Anda lebih jauh bila Anda berniat menjual rumah

Baca juga: Ragam Warna Cat yang Cocok Dipadukan dengan Kuning

Namun, memilih warna cat untuk eksterior rumah tak boleh sembarangan dan perlu disesuaikan dengan desain atau gaya rumah.

Misalnya, rumah bergaya perdesaan mungkin terlihat bagus dalam warna netral, sementara rumah bergaya pantai terlihat bagus dalam warna pastel. Karena itu, pilih warna cat eksterior yang tepat.

Untuk menghindari kesalahan, berikut tips memilih warna cat eksterior rumah dilansir dari The Spruce, Kamis (25/11/2021).   

Baca juga: Hindari, Ini 4 Warna Cat yang Dapat Mengganggu Tidur 

Pelajari detail arsitektur rumah 

Lantaran tidak melakukan renovasi total, Anda harus memeriksa elemen-elemen yang bertahan lama seperti batu, ubin, dan sirap atap sebelum memilih warna cat eksterior rumah.

Sebagian besar fitur ini memiliki nada yang mungkin mempengaruhi palet warna yang dipilih. Beberapa warna cat ada yang hangat dan dingin, sementara warna lain berani.

Batu bata mungkin memiliki bintik abu-abu gelap, sementara sirap atap memiliki gips biru. Pilih warna cat yang akan menyelaraskan elemen-elemen tetap ini.

Perhatikan detail seperti garis atap—fasia dan detail atap lainnya bisa menggunakan aksen warna. Kolom, daun jendela, trim kusen jendela dan pintu, serta warna pintu depan rumah bisa menjadi sumber aksen warna cat. 

Baca juga: 9 Warna Cat Dinding yang Membuat Ruangan Terlihat Lebih Besar

Lihat contoh warna cat dari berbagai kondisi

Ilustrasi warna catUnsplash/David Pisnoy Ilustrasi warna cat
Apakah sedang memikirkan warna cat apa yang cocok untuk mengecat rumah bata Anda? Ada beberapa hal yang harus diingat.

Pertama, minta kontraktor untuk membangun dinding uji bata mini dari kayu lapis. Posisikan menghadap ke jalan seperti rumah Anda.

Selanjutnya, lihat dinding itu saat siang, malam, cuaca cerah, dan cuaca mendung. Pasalnya, arna cat biasanya dipengaruhi lingkungan, naungan, matahari, cuaca, serta waktu.

Kedua, ingat bahwa rumah bata menyerap sebagian pigmen cat. Karena itu, desainer eksterior mencatat bahwa warnanya akan lebih terang di rumah daripada di tabel. Ketiga, pastikan warna cat eksterior yang dipilih serasi dengan warna atap. 

Baca juga: 7 Warna Cat Terbaik untuk Memperoleh Tidur Nyenyak 

Pertimbangkan warna perbandingan 

Daya tarik tepi jalan dan warna eksterior rumah harus didasarkan pada lingkungan sekitar rumah. Warna cat ini mempengarui seluruh jalan dan calon pembeli dapat dengan mudah melihat kesalahan bila Anda keliru memilih.

Sebelum cat eksterior, nilailah lingkungan Anda. Beberapa lingkungan memiliki rumah dengan skema warna yang sama, sementara yang lain memiliki rumah dengan warna khusus.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com