Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Terbaik Menata Sofa Abu-abu agar Lebih 'Hidup'

Kompas.com - 16/10/2021, 15:58 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sofa abu-abu adalah pilihan klasik untuk tempat duduk ruang tamu. Selain itu, sofa berwarna abu-abu juga cocok dipadupadankan dengan hampir semua gaya dan desain ruangan.

Sofa abu-abu dapat memberikan fondasi yang sejuk untuk berbagai dekorasi warna-warni yang eklektik atau berpadu dengan berbagai warna netral pada tampilan kontemporer yang bersih.

Dengan memilih sofa berwarna abu-abu, kamu sama saja memberi diri sendiri kebebasan untuk mengubah skema warna ruangan atau memadukannya dengan aksesoris lain.

Melansir dari Better Homes & Gardens pada Sabtu (16/10/2021) berikut ini cara terbaik untuk menata sofa berwarna abu-abu.

Baca juga: Perhatikan, Ini Kesalahan Merawat Sofa Kulit sehingga Mudah Rusak

Pilih padanan warna yang sesuai dengan sofa abu-abu

Padukan warna abu-abu seperti kelabu tua yang hangat dengan warna-warna seperti kuning mustard, pink merona, koral, atau emas. Untuk rona abu-abu yang lebih dingin dan condong ke biru, kamu bisa menggunakan warna teal, biru laut, mint, atau hijau.

Pertimbangkan kontras warna saat mendekorasi sofa berwarna abu-abu

Kamu juga harus menggunakan kontras saat memutuskan apa yang cocok dengan sofa abu-abu.

Pelapis abu-abu batu tulis, misalnya, akan menonjol tajam di dinding putih cerah, menciptakan tampilan kontras tinggi yang menjadikan sofa sebagai titik fokus.

Baca juga: 7 Keuntungan Memiliki Sofa Bed di Rumah

 

Untuk kesan yang lebih halus, pilih sofa abu-abu yang hanya beberapa tingkat lebih terang atau lebih gelap dari warna dindingmu, lalu hiasi hiasi seluruh ruangan dengan warna pastel yang lembut.

Padukan warna sofa abu-abu dengan dekorasi netral

Seiring waktu, remah-remah, kotoran, dan bau tidak sedap akan menumpuk di sofa sehingga perlu dilakukan pembersihan secara rutin.UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Seiring waktu, remah-remah, kotoran, dan bau tidak sedap akan menumpuk di sofa sehingga perlu dilakukan pembersihan secara rutin.

Pelapis abu-abu juga menyediakan dasar yang indah untuk skema warna netral.Tergantung pada nadanya, sofa abu-abu bisa cocok dengan warna putih, krem, hitam, sepia, dan kayu.

Variasikan kecerahan warna netral di sekitar ruangan untuk menambah kedalaman dan dimensi pada palet.

Baca juga: Trik Meletakkan Sofa agar Ruangan Lebih Terlihat Rapi

 

Misalnya, coba dorong sofa arang gelap ke dinding abu-abu yang hangat, hiasi dengan bantal putih krem dan furnitur aksen kayu yang kaya noda.

Bermacam-macam tekstur, seperti beludru, logam mengkilap, dan rajutan kabel tebal, akan menambah minat lebih lanjut pada ruang netral.

Variasikan tekstur dan kain

Warna sofa abu-abu memiliki cara tersendiri untuk membawa modernitas atau kecanggihan pada ruangan.

Dengan tampilan low-key, warna ini bisa menyatu dengan background dan memungkinkan elemen lain menjadi pusat perhatian.

Baca juga: 6 Kebiasan yang Bikin Sofa Cepat Rusak

 

Meskipun ini berfungsi dengan baik sebagai warna dasar, namun jangan padukan dengan warna abu-abu juga, karena akan terlihat kusam.

Dengan mencampur tekstur, seperti beludru, microfiber, dan linen, sofa abu-abu dapat membawa dimensi dan karakter ke skema warna yang dalam.

Gabungkan aksen sofa abu-abu dengan dekorasi berwarna berani

Warna klasik ini dapat ditata dengan cara yang berani sekaligus timeless. Kamu bisa menyandingkan warna sofa abu-abu dengan dinding teal yang dramatis.

Baca juga: Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Membuat Sofa Cepat Rusak

 

Tambahkan bantal aksen berpola dan karpet untuk layering yang maksimal. Nantinya, tampilan secara keseluruhan akan memberikan pernyataan warna yang halus sekaligus bold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com