Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Memilih Sofa Terbaik untuk Ruang Tamu

Kompas.com - 08/09/2021, 16:00 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun pilihan tempat duduk untuk ruang tamu kian beragam, tapi sofa selalu menjadi pilihan banyak orang sebagai tempat duduk yang nyaman ketika menyambut teman, sahabat, kolega, hingga keluarga di ruang tamu.

Memilih jenis sofa yang tepat untuk ruang tamu adalah hal yang gampang-gampang susah. Terkadang, kamu terhanyut dengan desain yang ditampilkan, kemudian lupa bahwa lokasi meletakan sofa sama pentingnya untuk diperhatikan.

Sofa memudahkanmu untuk berbaring atau ketika duduk di atasnya. Mulai dari menonton tv, membaca buku, atau sekadar bersantai di ruang tamu, sofa adalah pilihan terbaik.

Namun, memilih sofa yang tepat pun juga harus mempertimbangkan banyak faktor. Melansir dari Decor Tips pada Rabu (8/9/2021) berikut ini tips memilih sofa terbaik untuk ruang tamu.

Baca juga: Simak, Begini Cara Membersihkan Sofa Kulit

Sofa untuk ruang tamu sempit

Ruang tamu yang sempit memang memiliki tantangan tersendiri untuk sebagian orang. Itulah mengapa banyak orang tidak menggunakan sofa di ruang tamu sempit karena dinilai memenuhi ruangan.

Tapi, hal ini tak selamanya benar. Di ruang tamu yang sempit, kamu bisa meletakkan sofa di sudut, dengan gaya chaise longue. Ini biasanya menyisakan banyak ruang untuk bergerak di sekitar ruangan tanpa masalah.

Pilih sofa sudut yang tidak terlalu besar. Meletakkan sofa di sudut ruangan juga memungkinkanmu untuk mendekor ruang tamu dengan meja tamu, atau vas bunga dan lainnya tanpa merasa kesempitan.

Baca juga: Mengapa Kucing Suka Menggaruk Sofa dan Karpet? Penyebab dan Solusinya

Untuk ruang tamu kecil, Anda membutuhkan sofa kecil. Dalam hal ini, sangat penting bagimu untuk mempertimbangkan ukuran ruang tamu.

Itu adalah satu-satunya cara untuk memilih sofa yang tepat di ruang tamu. Kamu juga bisa memilih sofa dengan dua dudukan dengan sandaran rendah atau tanpa sandaran tangan. Hal ini akan memberikan banyak visual menarik di ruang tamu yang sempit.

Selain itu, jika kamu memperhatikan kenyamanan, ada beberapa desain sofa dengan karakteristik unik tapi tetap nyaman. misalnya, menggunakan kursi tambahan atau dua sofa mini.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Dinding Belakang Sofa

Sofa untuk ruang tamu luas

Ilustrasi kursi dan sofa yang berbeda di ruang tamuUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi kursi dan sofa yang berbeda di ruang tamu

Memiliki ruang tamu yang besar dan luas merupakan keinginan banyak orang. Dengan ruang tamu yang lebih luas, kamu bisa berkreasi dalam hal dekorasi dan memilih sofa. Meskipun luas, tetap saja, mengukur ruangan adalah hal penting sebelum membeli sofa.

Kamu bisa menggunakan sofa berukuran besar lalu melengkapinya dengan sofa-sofa berukuran lebih kecil.

Aau lebih baik lagi, pilih sofa berbentuk L yang akan mengisi ruang tamu dengan indah. Dalam hal ini, kamu bisa melengkapi ruang tamu dengan meja kopi dan furnitur lainnya.

Baca juga: 4 Hal Buruk yang Terjadi pada Sofa bila Sering Digunakan untuk Tidur

Ingatlah bahwa triknya adalah kombinasi antara sofa dan kursi dan mempertahankan proporsi ruangan.

Ini akan menjaga keseimbangan ruangan terlepas dari apakah sofa atau kursi yang digunakan memiliki desain, bentuk, dan warna yang berbeda.

Baca juga: 4 Hal Buruk yang Terjadi pada Sofa bila Sering Digunakan untuk Tidur

Ruang tamu persegi

Ruang tamu berbentuk persegi memang memberikan kenyamanan pada penghuni rumah, tapi ruang tamu jenis ini memiliki keterbatasan.

Tergantung pada ukuran ruang tamu persegi, kamu dapat memilih dua sofa saling berhadapan dan jika ruanganmu terbatas, maka letakkan sofa membelakangi dinding. Sofa yang digunakan bisa satu set atau berbeda-beda dalam segi warna dan bentuk.

Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan dua sofa berbentuk L, tetapi dengan panjang yang berbeda. Poinnya adalah jangan gunakan sofa dengan bentuk seperti kursi malas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber decor tips
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com