Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2021, 21:50 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com- Lovebird adalah anggota terkecil dari keluarga burung beo. Meskipun mereka tidak bisa menirukan suara manusia, tapi mereka dikenal berisik dan cerewet.

Faktanya, burung Lovebird tidak hanya bersiul dan berkicau, tetapi mereka bisa sangat parau. Lovebirds dapat hidup hingga 15 hingga 18 tahun dan bisa bertahan hidup lebih lama jika memiliki pasangan.

Namun, tak sedikit orang yang merasa terganggu dengan ocehan burung Lovebirds terlebih di malam hari.

Untuk menyiasati hal itu, kamu bisa menerapkan sejumlah langkah berikut ini. Melansir dari Cuteness pada Rabu (13/10/2021) berikut ini cara agar burung lovebird tetap tenang.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memelihara Lovebird

Curi perhatian

Lovebirds lebih baik berpasangan dan kemungkinan akan lebih bahagia dan lebih tenang dengan pasangannya.

Memelihara dua burung pada saat yang sama dan membesarkan mereka bersama mungkin lebih baik, karena mereka akan belajar untuk menghibur satu sama lain.

Terlepas dari apakah kamu memiliki sepasang atau lebih burung Lovebirds di rumahmu, pastikan untuk selalu melakukan hal-hal yang dapat mencuri perhatiannya.

Baca juga: 3 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang

 

Berbicara dengan burung akan membuatnya merasa menjadi bagian dari tindakan tersebut dan kemungkinan dia tidak akan berisik sebagai cara untuk mendapatkan perhatianmu.

Di sisi lain, jika burung Lovebird milikmu berisik, abaikan saja. Bereaksi terhadap kebisingannya akan memperkuat perilaku buruk, mengirimkan sinyal bahwa teriakan itu berhasil mencuri perhatianmu.

Sebaliknya, pergi dan tunggu dia tenang. Kembalilah ketika dia tenang lalu berikan camilan sebagai hadiah dan memperkuat hubungan.

Baca juga: Ragam Manfaat Daun Salam untuk Lovebird dan Cara Mengolahnya

Berikan banyak mainan

lovebirdshutterstock lovebird

Lovebird yang bosan adalah lovebird yang berisik. Untuk mengatasi hal ini, pastikan burung Lovebirds memiliki banyak mainan, termasuk lonceng, tali, plastik, atau bola dan cermin di dalam kandangnay.

Idealnya, kamu bisa memberikan benda-benda yang bisa membuatnya aktif bergerak. Lovebird sangat pandai menghancurkan mainan, jadi pilihlah barang yang aman. Ini termasuk bahan yang tidak akan pecah dan tidak dapat disobek.

Baca juga: Sebelum Memelihara, Simak Fakta-fakta Tentang Lovebird Berikut Ini

Pastikan mereka sehat dan bahagia

Lovebirds bisa menjadi berisik dan gelisah jika mereka dikurung di kandang yang terlalu kecil. Idealnya, kandang harus berukuran minimal 30 kali 18 kali 18 kali jika Anda memiliki satu atau dua pasang Lovebirds.

Kandang yang lebih besar akan membuat mereka lebih bahagia. terutama jika Anda menggunakan ruang ekstra untuk menggantung mainan, tempat bertengger, dan sudut tempat persembunyian.

Baca juga: Catat, Ini 3 Teknik Memandikan Burung Peliharaan

Sediakan 'me time'

Burung menjadi aktif di pagi hari, seringkali segera setelah matahari terbit dan mereka dapat mendengar suara dan gerakan di luar ruangan.

Salah satu cara untuk mengurangi kebisingan di pagi hari adalah dengan menutup kandang di malam hari dan membiarkannya seperti itu sampai keesokan harinya.

Selain itu, menutupi sangkar memungkinkan burung memiliki privasi dan rasa aman, sehingga ia dapat beristirahat dengan lebih mudah.

Meskipun burung sangat pandai menjaga diri mereka tetap hangat, penutup dapat memberikan perlindungan ekstra selama malam yang dingin atau di ruangan berangin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com