Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2021, 10:55 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandi menjadi kegiatan yang harus dilakukan burung peliharaan, dan pemilik burung peliharaan dapat memandikan burung peliharaan sendiri di rumah.

Melansir dari The Spruce Pets, Rabu (13/10/2021), ada beberapa pilihan mandi berbeda yang dapat dicoba oleh pemilik untuk mencari tahu apa yang akan dinikmati oleh burung peliharaan mereka. 

Variabel terpenting dalam mandi yang efektif adalah frekuensi dan metode. Dengan "bereksperimen" dengan aspek-aspek ini, Anda pasti akan menemukan kombinasi yang tepat untuk burung peliharaan. 

Baca juga: 7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Burung

Burung sangat bervariasi dalam cara yang mereka pilih untuk mandi. Beberapa burung menyukai perasaan mandi yang menetes, beberapa lebih suka berdiri di kabut halus, dan beberapa suka mencelupkan diri ke dalam genangan air.

Ilustrasi burung parkit. PIXABAY/USCHI DUGULIN Ilustrasi burung parkit.

Cobalah teknik berikut di rumah dengan hewan peliharaan Anda untuk melihat mana yang paling cocok untuknya.

1. Kabut yang menenangkan

Kabut halus dari botol semprot bersih adalah metode pilihan untuk beberapa burung. Banyak spesies burung peliharaan berasal dari iklim yang sangat hangat dan lembap, dan semprotannya membantu menghidrasi kembali rongga hidung mereka serta membersihkan bulu mereka.

Jika menurut Anda burung Anda mungkin mendapat manfaat dari semprotan cepat, pastikan  botol semprot baru dalam keadaan bersih. Ini memastikan bahwa tidak ada residu kimia yang bisa menjadi racun bagi burung peliharaan.

Baca juga: Aturan Mandi dan Cara Memandikan Burung Peliharaan

2. Berenang di wadah

Banyak burung suka mencelupkan diri ke dalam kolam air yang tenang. Cobalah mengumpulkan sedikit air hangat di wadah dan minta burung Anda turun ke dalamnya.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com