Kompas.com - 10/10/2021, 16:47 WIB
Ilustrasi burung di dalam sangkar. PIXABAY/JHENNING_BEAUTY_OF_NATUREIlustrasi burung di dalam sangkar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memandikan burung peliharaan merupakan hal yang wajib dilakukan. Namun, banyak pemilik burung baru yang sering kebingungan cara memandikan burung.

Melansir dari The Spruce Pets, Minggu (10/10/202), setiap burung memiliki karakteristik masing-masing dan perawatan berbeda. 

Baca juga: Apakah Burung Peliharaan Bahagia? Ini Cara Mengetahuinya

Beberapa burung suka bermain di air dan menikmati waktu mereka di bak mandi. Namun, sebagian burung takut mandi dan menolak kontak dengan air. 

Padahal, mandi merupakan bagian dari perawatan rutin dan alami yang dilakukan burung di alam liar. Lantas, berapakan kali burung peliharaan harus dimandikan dan bagaimana memandikannya? 

Nah, berikut ini aturan mandi dan cara memandikan burung peliharaan.   

Baca juga: Burung Juga Bisa Stres, Ini Penyebab dan Tanda-tandanya  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunakan air biasa dan jernih 

Meski beberapa perusahaan pemasok hewan peliharaan memasarkan "sampo burung" komersial, cara terbaik dan teraman memandikan burung peliharaan adalah dengan air biasa.

Burung menghasilkan minyak khusus yang digunakan untuk merapikan bulunya dan minyak ini dapat hilang bila burung mandi menggunakan sabun atau detergen.

Hilangnya minyak ini dapat mengakibatkan bulu yang tidak sehat dan burung tidak bahagia. 

Baca juga: 3 Penyebab Burung Terus Berkicau Sepanjang Malam 

Mandikan burung pada hari paling hangat 

Burung yang basah mudah kedinginan. Hal ini dapat membahayakan kesehatan. Sebaiknya, memandikan burung pada siang hari yang hangat sehingga bulu burung memiliki kesempatan untuk benar-benar kering sebelum suhu turun menjelang malam. 

Pastikan suhu airnya nyaman 

Air yang terlalu panas atau dingin dapat mengejutkan sistem tubuh burung, menyebabkan luka bakar, dan sejumlah kondisi serius lainnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.