Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2021, 12:26 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com— Warna cat pada tembok menjadi hal paling utama yang akan langsung dilihat oleh siapapun yang berkunjung ke rumah.

Warna cat tembok juga akan mempercantik rumah dengan perpaduan yang tepat. Untuk itu, beberapa hal berikut ini sebaiknya kamu perhatikan sebelum mengecat rumah, agar hasilnya maksimal. 

1. Tentukan warna

Dilansir dari The Garden Granny, Sabtu (9/10/2021), memilih warna yang tepat untuk rumah bisa menjadi tugas yang sulit. Ada begitu banyak opsi sehingga sulit untuk memilihnya.

Haruskah memilih terang atau gelap? Terang atau hening? Jenis hasil akhir apa yang kamu inginkan? Adakah detail yang dicat seperti garis, stensil, atau bingkai? Banyak orang merasa keputusan tentang pemilihan warna ini sebagai salah satu tahap yang membingungkan.,

Keputusan yang cepat dan tergesa-gesa dapat membawa hasil yang buruk, dan perbaikan bisa memakan waktu lama yang membosankan.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Perubahan Warna Cat Dinding

2. Pertimbangkan cahaya

Kualitas dan tingkat cahaya dalam sebuah ruangan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan saat memilih warna cat.

Kamar dengan jendela besar akan banyak mendapatkan cahaya alami, sehingga nada cahaya membantu mempercantik tampilan yang terang dan lapang. Namun, jika kamu mencari warna, mungkin membutuhkan warna cerah dari sebelumnya agar tidak terlihat pudar pada awalnya.

3. Periksa dinding

Sebelum memulai proses pengecatan, periksa dinding di ruangan apakah ada retakan, penyok, lubang, atau ketidaksempurnaan lainnya di permukaan. Bila ditemukan, gunakan dempul lembut dan spatula untuk mengisi dan memperbaiki ketidaksempurnaan itu, lalu peras sisa dempul dan tunggu sampai mengering. Setelah kering, gunakan amplas yang sangat halus untuk menghaluskan area tersebut, lalu seka dinding dengan spons atau handuk basah.

4. Tutupi furnitur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com